Berau Terima Bantuan 4 Unit Perangkat Digital Titik Baca Etam

benuanta.co.id, BERAU – Kabupaten Berau menjadi Kabupaten pertama yang mendapatkan bantuan empat unit perangkat digital Titik Baca Etam dari pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim).

Tujuan Pemprov Kaltim memberikan bantuan tersebut guna meningkatkan minat baca masyarakat dengan mengakses buku secara digital.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim, Muhammad Syafranuddin, menyebutkan ada 43 unit perangkat digital yang dibagikan di kabupaten kota termasuk di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

“Tujuannya sebagai upaya pemerataan pembangunan dalam mencerdaskan bangsa. Dan berau adalah yang pertama kali,” ucapnya Rabu (14/6/2023).

Dikatakannya ada empat unit untuk Kabupaten Berau dan satu unit harganya senilai Rp 100 juta lebih.

Sementara isinya bacaan digital tersebut ada sekitar 400 judul buku yang dapat diakses masyarakat dengan menggunakan handphone dalam radius 200 meter.

“Sesuai janji kami setahun yang lalu, kami ingin menempatkan perangkat digital Titik Baca Etam ini di Kabupaten Berau. Alhamdulillah target itu sudah terpenuhi,” ungkapnya.

Ia menyarankan Pemkab Berau untuk menempatkan satu unit titik baca tersebut di Teluk Bayur karena tempatnya bagus dan ramai.

“Pasalnya, saya pernah menyurvei langsung lokasi tersebut. Titik baca digital ini hanya mengakses lewat handphone saja kita sudah bisa menikmati berbagai macam judul buku. Bahkan bukunya juga sudah terseleksi dengan baik,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Yudha Budi Santoso menambahkan turut senang Berau menerima perangkat alat digital Titik Baca Etam dari Provinsi Kaltim.

“Alat digital ini dapat mengakses buku di handphone dengan jarak 200 meter. Nantinya titik baca tersebut akan disebar di empat titik strategis sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2903 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *