Gubernur Minta Peran Ormas Perangi Narkoba

benuanta.co.id, BULUNGAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) laksanakan kegiatan sosialisasi pendaftaran dan pelaporan organisasi kemasyarakatan (Ormas) di wilayah Provinsi Kaltara.

Ada 2 hal yang menjadi topik bahasan yakni peran ormas  dalam mendukung perencanaan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika serta menjaga ketertiban umum dalam masyarakat menjelang pelaksanaan pemilu dan pilkada tahun 2024.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1916 votes

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang menyampaikan ormas di Provinsi Kaltara harus menjadi mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam konteks kehidupan sosial politik, ormas ini memiliki andil dalam menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan sehingga bisa menopang kesatuan dan persatuan bangsa,” ujar Gubernur Zainal kepada benuanta.co.id, Selasa, 13 Juni 2023.

Dia menjelaskan saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai permasalahan sosial, salah satu permasalahannya dan menjadi perhatian pemerintah adalah peredaran dan penyalahgunaan narkotika hal ini juga menjadi isu serius di Provinsi Kaltara.

“Berdasarkan survei penyalahgunaan narkotika dari Badan Nasional Narkotika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, pada tahun 2019 angka prevalensi di Provinsi Kaltara untuk kategori setahun pakai narkoba sebesar 1,20 persen jumlah tersebut setara dengan 4.172 orang yang mengonsumsi narkoba. Sementara di kategori pernah pakai hingga tahun 2019 sebesar 1,70 persen,” sebutnya.

Dengan besarnya angka tersebut, pihaknya pun mengajak semua pihak baik jajaran pemerintah sebagai pihak terkait untuk terus melakukan upaya mengatasi permasalahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Provinsi Kaltara.

“Itu meliputi peningkatan pengawasan di perbatasan, penegakan hukum yang lebih tegas, penguatan program rehabilitasi serta pendekatan pencegahan melalui kampanye, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan kepada ormas yang ada,” paparnya.

Dirinya pun berharap kepada setiap ormas ini untuk bersinergi dengan pemerintah dalam menyukseskan upaya tersebut.(adv)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *