Partai Politik Diguyur Bantuan Rp 2,4 Miliar dari Pemprov Kaltara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Partai politik (Parpol) yang memperoleh suara dan duduk di kursi legislatif tingkat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendapatkan bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Anggaran yang dialokasikan untuk parpol di tahun 2023 ini mencapai Rp 2.499.999.958. Setiap parpol yang berhak mendapatkan alokasi anggaran berbeda tergantung dari jumlah kursi di DPRD.

Penyerahan bankeu ini diberikan langsung oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang yang diterima oleh perwakilan dewan pengurus daerah (DPD) maupun dewan pengurus wilayah (DPW) parpol. Harapannya dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya sehingga dapat meningkatkan kesadaran politik masyarakat Kaltara.

Baca Juga :  Ini 3 Arahan Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat

“Kita harapkan di pesta demokrasi tahun 2024 yang awalnya tidak tahu politik menjadi tahu dengan adanya bantuan keuangan ini,” ujar Zainal kepada benuanta.co.id, Rabu, 24 Mei 2023.

Dirinya berharap dengan bankeu ini, parpol dapat melakukan perekrutan kader agar menjadi pemimpin bangsa melalui pemilihan umum (Pemilu). Tak hanya itu anggaran tersebut juga dapat digunakan untuk penyuluhan politik.

“Mudah-mudahan pemilu 2024, golongan putih (Golput) dapat ditekan menjadi sedikit,” harapnya.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Bekali UMKM Alur Ekspor Produk

Dari anggaran Rp 2,49 miliar ini tersebar untuk semua parpol, dengan rincian Demokrat mendapatkan anggaran Rp 318 juta, PDI Perjuangan menerima Rp 313,9 juta, Gerindra menerima Rp 300,7 juta, Hanura menerima Rp 292,7 juta, Golkar menerima Rp 255,1 juta, Nasdem menerima Rp 204,3 juta dan PKS menerima Rp 170,7 juta.

Lalu PAN terima anggaran Rp 157 juta, PKB terima Rp 155,8 juta, Perindo terima Rp 125,4 juta, PPP terima Rp 122,5 juta dan PBB terima Rp 83,3 juta.

Baca Juga :  Pembangunan KIHI Ditarget Rampung Dalam 4 Tahun

“Penerimaan masing-masing parpol berbeda karena sesuai jumlah kursi yang diraih. Tertinggi diterima oleh Demokrat, lalu PDI Perjuangan disusul Gerindra dan terakhir Partai Bulan Bintang (PBB),” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2635 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *