Gubernur Minta Semua Pihak Peka dan Peduli Terhadap Aspirasi Masyarakat

benuanta.co.id, BULUNGAN – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang litbang) Provinsi Kaltara laksanakan rapat koordinasi (Rakor) pembangunan infrastruktur sumber dana APBN tahun anggaran 2023.

Rakor itu pun langsung dibuka oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang yang melibatkan balai dan satuan kerja serta unit kerja pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan.

Gubernur Zainal mengatakan rakor tersebut dalam rangka memastikan bahwa pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat melalui balai satuan kerja dan unit kerja Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan merupakan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat Provinsi Kaltara dapat berjalan dan terlaksana dengan baik serta sesuai perencanaan yang telah terstruktur.

“Saat ini kita memasuki triwulan kedua tahun anggaran 2023, maka diharapkan pelaksanaan pekerjaan atas rencana pembangunan infrastruktur tersebut dapat di evaluasi kemajuannya,” ujarnya kepada benuanta.co.id, Rabu, 10 Mei 2023.

Baca Juga :  Konektivitas Jalan Wilayah 3T Ditarget Rampung Tahun Ini

Kata dia, evaluasi progres pelaksanaan kegiatan ini difokuskan pada proyek prioritas nasional dibidang infrastruktur di PUPR dan Perhubungan yang mendukung proyek-proyek dan PSN di Provinsi Kaltara.

“Sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2020-2024 antara lain pembangunan kota baru Tanjung Selor, pembangunan kawasan perbatasan, pembangunan waduk multiguna Kayan dan Mentarang serta pembangunan KIPI Tanah Kuning Mangkupadi,” paparnya.

Lanjutnya, evaluasi itu dilakukan tidak hanya untuk melihat perkembangan dari pelaksanaan pembangunan yang ada, tapi juga untuk menjadi bahan masukan untuk menyusun RPJMN tahun berikutnya.

“Untuk mewujudkan pembangunan yang bersumber dana dari APBD dan terintegrasi dengan pembangunan infrastruktur sumber dana APBN, maka pelaksanaan evaluasi dalam bentuk rakor hari ini murni dari tim dalam hal Pemprov Kaltara yang melibatkan seluruh balai satker dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan,” bebernya.

Baca Juga :  Pagelaran Seni Budaya Dayak dan Pekenu', Upaya Merayakan Keberagaman

Mantan Wakapolda Kaltara ini menyebutkan dalam anggaran tahun 2024, Pemprov Kaltara melalui Forum Musrenbangnas tahun 2023 telah mengusulkan beberapa kegiatan infrastruktur antara lain pembangunan Sistem penyediaan air minum (SPAM) Regional Bulungan Tarakan, kelanjutan pembangunan jalan Mansalong Tau Lumbis dan pembangunan rumah khusus ASN kawasan pusat pemerintahan Kota Tanjung Selor.

Usulan lainnya berupa pengembangan lapangan terbang Binuang Krayan Tengah, optimalisasi penanganan jalan Malinau-Long Semamu-Long Bawan, preservasi Jalan Aki Balak Kota Tarakan, preservasi jalan dalam kota Nunukan dan preservasi Jalan Iskandar Kota Tarakan.

“Usulan tersebut diharapkan menjadi penyempurnaan rencana kerja balai dan satker Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan di Provinsi Kaltara tahun 2024,” terangnya.

Baca Juga :  Menko Polhukam Jadi Saksi Pernikahan Razfidandi dan Sarah

“Saya minta semua baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar semakin peka dan peduli terhadap aspirasi masyarakat, terutama dalam hal memastikan tersedianya sarana dan prasarana pelayanan dasar agar lebih baik,” ucap Zainal menambahkan.

Dirinya juga minta kepada unit pelaksana teknis kementerian lembaga untuk menyampaikan tembusan laporan kegiatan kepada pemerintah daerah.

“Jadi kegiatan yang berjalan agar laporannya ditembuskan kepada kami, agar kami tahu sudah sampai dimana pekerjaan itu dilaksanakan, apakah ada hambatan yang dialami ataukah pekerjaan itu sudah selesai 100 persen,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2584 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *