Satlantas Nunukan Antisipasi Pelanggaran Lalu Lintas di Malam Takbiran

benuanta.co.id, NUNUKAN – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, Satlantas Polres Nunukan mulai menyiapkan sarana rest area, pos pelayanan yang ada di masing-masing Polsek yang ada di Kabupaten Nunukan.

Kasat Lantas Polres Nunukan AKP Arofiek Aprilian Riswanto menyebutkan, hal ini sangat penting mengingat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tinggal menghitung hari, sehingga diperkirakan arus lalu lintas akan mengalami peningkatan signifikan.

“Di hari pertama ini, kita akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk memastikan akses jalan, kita akan menetapkan di mana jalan yang rawan kemacetan maupun kecelakaan kita akan mitigasi terlebih dahulu, akan kita berikan tanda-tanda,” kata Arofiek, kepada bencana.co.id, Senin (17/4/2023).

Baca Juga :  Ditegur Satpol PP Nunukan, Pemasangan Baliho di PJU Masih “Ngeyel”

Untuk mengantisipasi kegiatan takbiran hari raya Idul Fitri dan lainnya, Satlantas akan melakukan patroli hunting sistem bertujuan untuk menekan pelanggaran lalu lintas secara kasat mata. Seperti tidak memakai helm, motor tidak sesuai standar, tidak ada spion, dan tidak memakai sabuk keselamatan bagi pengendara mobil.

“Jika melanggar akan kita berikan teguran lebih dahulu, tapi jika sudah tidak bisa di tegur maka akan kita tilang,” tegasnya.

Baca Juga :  Ditikam di Leher, Tenaga Honorer di Nunukan Tewas

Mabes Polri juga sudah mengintruksikan memperbolehkan pelaksanaan penilangan, karena yang lalu penilangan hanya diizinkan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tilang.

“Wilayah yang tidak terjangkau ETLE bisa dilakukan penilangan secara luring, jika pelanggaran yang mengakibatkan fatalitas korban kecelakaan seperti tidak menggunakan helm, melawan arus dan anak dibawah umur, dan lainnya, itu bisa kita lakukan penilangan,” jelasnya.

Kata Arofiek, wilayah rawan kecelakaan di Nunukan sendiri ada di Desa Binusan, dan Kelurahan Tanjung Harapan, menuju Mamolo, sedangkan kemacetan berlalulintas sering terjadi di jalan TVR wilayah turunan alun-alun Nunukan pasar pagi.

Baca Juga :  Masalah Honor, Masyarakat Sebuku Geruduk PT NBS

“Kami akan menempatkan personel kami di situ nantinya untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan,”  terangnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2100 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *