Gubernur Kaltara Serahkan Hadiah Juara Festival Bedug Sahur di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Festival bedug sahur setiap bulan ramadan merupakan tradisi yang selalu ditunggu tunggu ribuan warga Nunukan.

Festival Bedug Ramadan 2023 kali ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) dengan 29 peserta yang berasal dari Nunukan dan Sebatik. Hadir langsung untuk menyaksikan bedug sahur itu Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang dan didampingi Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah.

Kegiatan tersebut dimulai dari Kamis (13/4) pukul 22.00 WITA hingga jumat pukul 01.20 dini hari. Dengan rute festival bedug sahur dimulai dari Pelabuhan Tunon Taka dan finish di Alun-alun Kota Nunukan.

Baca Juga :  Warga Nunukan Selatan Masih Merasakan Layanan Pendistribusian Air Bersih Perumda Tirta Taka Bergiliran

Festival bedug tersebut, terlihat antusias dari kalangan muda. Apalagi bertujuan untuk melestarikan tradisi membangunkan sahur secara tradisional, yakni dengan berkeliling kampung sambil memukul alat musik berupa kentongan dan bedug.

Usai penampilan nomor urut 29, acara terhenti dikarenakan hujan deras yang mengguyur, kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah. Untuk festival bedug sahur kali ini, semua juara diborong oleh Sebatik, juara pertama dimenangkan oleh Singa Perbatasan berasal dari Kecamatan Sebatik Tengah dengan skor 452, kemudian juara kedua Patrol Irma Al Rosdi Binalawan Sebatik Barat dengan skor 442 dan juara ketiga dimenangkan oleh Squad Kolaborasi Sebatik dengan skor 435.

Baca Juga :  8 WNA Filipina Akhirnya Pulang Kampung Usai Bayar Denda Overstay Rp 120 Juta

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum turut serta menyemarakkan festival yang mengangkat tema ‘Harmoni Ramadan di Perbatasan.

“Kita mengharapkan kegiatan bedug sahur dapat terus diselenggarakan sebagai sarana masyarakat dalam mengekspresikan cipta dan karya yang dimiliki,” singkat Zainal. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *