3 Cara Allah Kabulkan Doa Hambanya

benuanta.co.id, Makassar –  Segala doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT merupakan salah satu usaha umat manusia untuk meraih sesuatu diimpikan atau diidam-idamkan. Hanya saja terkadang doa yang dipanjatkan kepada sang pencipta tak kunjung dikabulkan.

Sebuah ceramah Ustaz Adi Hidayat, ia memberikan pencerahan, doa yang dipanjatkan ada tiga jenis cara sang khalik untuk mengabulkannya.

Pertama, kata dia, Allah SWT mengabulkan doa hambanya bisa saat itu juga sesuai dengan yang diminta. “Jadi begitu Anda memohon, dikabulkan oleh Allah,” kata Adi Hidayat dalam sebuah ceramahnya dikutip dari Channel Youtubenya, Senin (10/3/2023).

Kedua, kata UAH – sapaannya – kadang Allah SWT menunda doa kita. Kemudian baru diijabah ketika hambanya sudah sanggup.

“Maksudnya begini, kadang-kadang ada orang meminta sesuatu. Menurut Allah kamu belum bisa sanggup memikul itu, nanti setelah kamu cukup kuat bisa menerima itu baru diberikan,” ucapnya.

Dia mencontohkan hal berkaitan tentang Nabi Muhammad SAW yang memohon ketika kiblatnya dipindah dari masjid Al-Aqsa ke Masjidil Haram. Di mana doa Rasulullah baru dikabulkan, kata dia, membutuhkan waktu bertahun-tahun.

“Anda bisa bayangkan nggak, ketika berdoa baru dikabulkan tiga tahun, kemudian dan hebatnya beliau tidak mengeluh. Anda bukan Nabi, bukan Rasul, sahabat bahkan bukan, tabi’in juga bukan, hisab anda masih menegangkan, amalan anda masih berantakan, tidak setakwa Nabi Muhammad, tidak sesholeh beliau. Anda baru berdoa 3 menit sudah nuntut (dikabulkan),” ujarnya.

Menurut Ustaz Adi Hidayat doa yang disampaikan setiap beribadah tidak mungkin diabaikan oleh Allah SWT dan pasti diketahui olehnya, sehingga tidak akan ada rugi umat manusia. Mengingat setiap doa ada pahala mengalir dan dikabulkan ketika sudah siap.

Ketiga, disebutkan UAH, Allah SWT mengabulkan doa dengan menggantinya sesuai dengan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

“Allah SWT akan ganti apa yang anda inginkan dengan apa yang anda butuhkan,” bebernya.

Sebab, sejatinya semua doa yang dipanjatkan pasti didengar oleh Allah SWT dan kapan dikabulkan adalah rahasia-Nya.(*)

Penulis: Akbar

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2585 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *