DPS Bulungan Capai 112.405 Pemilih Aktif 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diturunkan sebanyak 111.577 untuk dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit), terdapat peningkatan di lapangan.

“Kami telah menetapkan DPS dengan jumlah 112.405 pemilih aktif, rinciannya jumlah laki-laki sebanyak 58.825 orang dan perempuan sebanyak 53.580 orang,” terang Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani kepada benuanta.co.id, Rabu 5 April 2023.

Dia menjelaskan DPS tersebar di 484 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di 81 desa kelurahan dan di 10 kecamatan di Kabupaten Bulungan.

“Prosesnya ini dimulai dari coklit hingga rekapitulasi tingkat PPS, berjenjang ke PPK hingga hari ini di KPU Bulungan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Mistang sebagai Komisioner KPU Bulungan memaparkan pasca penetapan DPS ada beberapa hal yang harus dilakukan baik tingkat desa maupun kecamatan termasuk KPU.

Baca Juga :  Perindo Berau Pilih Berkoalisi dengan Incumbent di Pilkada 2024

“Pertama akan menurunkan DPS ini ke PPS melalui PPK untuk diumumkan, dilakukan selama 14 hari sejak 12 sampai 25 April 2023,” paparnya.

Usai pengumuman, barulah masuk ke tahapan masukan dan tanggapan oleh masyarakat. Kata dia, ini penting untuk mengakomodir warga atau orang-orang yang belum masuk di dalam DPS, ataupun ada perubahan terkait dengan status di KTP elektronik.

Baca Juga :  Aliansi Sahabat ZAP 86 Ambil Formulir di PAN Kaltara 

“Masukan tanggapan juga didapati adanya yang meninggal dunia, ini dimulai dari tanggal 12 April sampai 2 Mei 2023 atau selama 21 hari,” ucapnya.

Masih Mistang yang juga selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi ini menambahkan jika semuanya sudah selesai, tahapan selanjutnya berupa penyusunan daftar pemilih hasil perbaikan.

“Ini kita lakukan sampai kita tetapkan melalui rapat pleno terbuka,” pungkasnya. (*) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *