Pemprov Kaltara Buka Peluang Kemitraan Dagang dan Investasi dengan Daerah Lain

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) membuka diri untuk daerah lain yang ingin melakukan kerja sama. Seperti halnya Jawa Timur (Jatim) yang telah melaksanakan kerja sama dengan Pemprov Kaltara.

Sekretaris Pemprov Kaltara Dr. Suriansyah, saat melaunching kerja sama kemitraan dagang dan investasi bersama dengan Pemprov Jatim, mengatakan kerja sama kemitraan dagang dan investasi bersama Pemprov Jatim ini, merupakan gerbang pertama Kaltara untuk membuka jalan kerja sama kemitraan dengan pemprov lainnya di Indonesia.

“Tentu peluang untuk kerja sama kemitraan dagang dan investasi dengan Daerah lain itu akan selalu kita buka, karena kerja sama kita bersama Pemprov Jatim ini hanyalah awal bagi kita untuk membuka pasar baru untuk dunia dagang dan investasi kita,” kata Suriansyah, pada Selasa, 21 Maret 2023.

Baca Juga :  Ombudsman RI Sambangi Kaltara, Fokus Berikan Penilaian Layanan Publik

Ia menjelaskan saat ini kemitraan dagang yang dijalani bersama dengan Pemprov Jatim hanya sekitar hasil laut dan perikanan. Sehingga dalam hal ini Pemprov Kaltara juga ingin membuka peluang pasar lainnya untuk produk lokal lainnya.

“Memang saat ini Kaltara sangat dikenal luas akan hasil laut dan perikanannya, seperti rumput laut, udang dan kepiting. Makanya dengan adanya kerja sama kemitraan dagang dan investasi ini, kita juga ingin membuka pasar lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Turun ke Lapangan, Harga Rumput Laut Disorot Gubernur

“Seperti produk kesenian, kerajinan tangan dan produk lainnya agar bisa membuka peluang usaha baru bagi masyarakat Kaltara,” terangnya.

Meski kerja sama dagang dan investasi yang dilakukan bersama dengan Pemrov Jatim kali ini hanya sebatas hasil laut dan perikanan saja. Namun hal itu juga diyakini Suriansyah akan berdampak ke sektor lainnya, mengingat kerja sama kemitraan ini berpotensi dapat memutar uang Daerah hingga Rp 200 Miliar.

Baca Juga :  Pembangunan Infrastuktur di Nunukan jadi Atensi Gubernur

“Dengan perputaran uang yang kita prediksikan akan sebesar itu, tentunya akan menghasilkan daya beli yang besar juga di Kaltara. Makanya kita sangat optimis dengan kerja sama kemitraan dagang dan investasi ini,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *