Sikat Gigi Sebaiknya Dilakukan Setelah Makan

Jakarta – Anggota Dewan Pakar Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes mengingatkan bahwa menyikat gigi sebaiknya dilakukan setelah makan, agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan secara maksimal.

“Ingat bahwa menyikat gigi itu sesudah makan. Kadang-kadang kita mandi, sikat gigi, baru sarapan, lalu berangkat ke kantor. Kita ganti kebiasaan itu, lifestyle yang terbaik adalah menyikat gigi sesudah makan,” kata Erri saat bertemu media di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan, sikat gigi juga sebaiknya dilakukan sebelum tidur di malam hari. Adapun durasi sikat gigi yang dianjurkan adalah dua menit.

Baca Juga :  Dokter: Kurang Gerak Bisa Picu Naiknya Lemak Dalam Darah

Menurut Erri, sikat gigi sesudah makan akan benar-benar memberikan manfaat terhadap kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Sebab, sisa-sisa makanan dalam mulut harus dibersihkan, salah satunya agar tidak menimbulkan asam yang meningkatkan risiko gigi berlubang.

Sayangnya, Erri memaparkan bahwa menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, hanya 2,8 persen masyarakat Indonesia yang menyikat gigi dua kali sehari di waktu yang benar, yakni setelah makan dan sebelum tidur.

“Sebenarnya mereka itu mengerti bahwa menyikat gigi itu dua kali sehari. Tapi, ternyata waktunya yang salah,” ujar Erri.

Ia menambahkan, rendahnya kesadaran masyarakat untuk menyikat gigi setelah makan rupanya membuat prevalensi gigi berlubang menjadi sangat tinggi.

Baca Juga :  Dokter Uraikan Penyebab Umum Telinga Sakit

“Dari Riskesdas 2018, 88,8 persen penduduk Indonesia itu ternyata giginya berlubang, 57 persennya memang punya masalah, ya. Dan yang paling sedih adalah 93 persen anak-anak usia dini sudah berlubang giginya,” kata Erri.

Untuk itu, Erri mengatakan, edukasi mengenai sikat gigi setelah makan masih harus terus digencarkan di tengah masyarakat guna meningkatkan status kesehatan gigi dan mulut.

“Harus diedukasi bahwa menyikat gigi itu sebenarnya konsepnya adalah membersihkan sisa makanan. Kalau sikat giginya sebelum makan, artinya makanan masih ada di dalam mulut kita. Jadi kita harus selalu mengingatkan bahwa sikat gigi itu sesudah makan,” ujar Erri.

Baca Juga :  Dokter: Kurang Gerak Bisa Picu Naiknya Lemak Dalam Darah

Selain menyikat gigi dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur dengan durasi minimal dua menit, Erri juga menganjurkan masyarakat untuk berkonsultasi ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun atau setiap enam bulan sekali.

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *