Resmi Jadi Polresta Bulungan, Ini Tugas yang Diperintahkan Kapolda untuk Kapolresta

benuanta.co.id, BULUNGAN – Usai pejabat Kapolresta Bulungan dikukuhkan, kali ini Mako Polresta Bulungan yang diresmikan. Prosesi ini dilaksanakan langsung oleh Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya.

Pada peningkatan tipe Polres Bulungan menjadi Polresta Bulungan ini dihadiri oleh pejabat unsur Forkopimda Kaltara dan Bulungan, pejabat utama (PJU) Polda Kaltara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1547 votes

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya peningkatan tipe polres merupakan upaya institusi Polri dalam memenuhi dinamika dan ekspektasi masyarakat perihal pelayanan kepolisian dalam rangka mewujudkan Polri presisi di tengah masyarakat Kaltara.

Baca Juga :  Bantu Korban Banjir Demak, Polri Kirim Tim Kemanusiaan

“Hal ini juga untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepolisian yang lebih optimal kepada masyarakat, terutama wilayah Kabupaten Bulungan,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Rabu 1 Februari 2023.

Dia mengatakan atas dukungan semua pihak, polres ini naik jadi Polresta Bulungan. Untuk itu dirinya pun memberikan 2 tugas kepada Kapolresta Bulungan agar ditindaklanjuti pertama pengamanan proyek strategis nasional (PSN) kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi.

“Di lokasi PSN nantinya akan dibangun batalyon dari TNI dan juga dari Polri, sehingga nanti ada penambahan personel dari Polda untuk Polresta Bulungan,” ujarnya.

Selain itu, mendekati pesta demokrasi pihaknya meminta Polresta Bulungan untuk bersiap diri menjaga kondusivitas kamtibmas wilayah Bulungan.

Baca Juga :  As-SDM Kapolri dan Rombongan Hibur Anak-anak Korban Banjir Demak di Posko Trauma Healing

Sementara itu, Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha mengatakan usai dikukuhkan Polres Bulungan menjadi Polresta Polresta, maka jajaran PJU juga akan menyesuaikan dengan kenaikan tipe ini. Salah satunya Wakapolresta akan dijabat pangkat AKBP dan jabatan kasat dari AKP jadi Kompol.

Bahkan pengusulan personel saat ini telah dilakukan, tentunya disesuaikan dengan kondisi personel yang ada di Polda Kaltara.

“Serah terima Wakapolresta dan para kasat ini secepatnya, ini tergantung dari jumlah SDM yang ada di Polda dan bertahap,” tuturnya.

Terkait PSN pihaknya memberikan jaminan keamanan, serta dirinya menjamin investasi tetap aman dan nyaman serta tidak ada gangguan dari mana pun.

Baca Juga :  Kapolri Buka Rakernis Gabungan 5 Divisi Satker Polri

“Begitu juga Pilkada tetap harus berjalan aman tertib dan tidak ada pelanggaran. Soal potensi kerawanan belum ada informasi terkait itu sampai saat ini,” jelasnya.

Kenaikan tipe Polresta Bulungan berdasarkan Surat Nomor : B/802/M.KT.01.KT.01/2022 tanggal 4 Agustus 2022 perihal persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi menetapkan Polres Bulungan menjadi Polres Kota Bulungan.

Hal tersebut telah ditindaklanjuti oleh Kapolri dengan mengeluarkan Keputusan Nomor : KEP/1157/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022 tentang Peningkatan tipe Kepolisian Resor Bulungan menjadi Kepolisian Resor Kota Bulungan Polda Kaltara.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *