Relawan Bakal Capres Mulai Merancang Strategi Kawal Elektabilitas di Sulsel

banuanta.co.id, SULSEL – Meski kontestasi politik dan penetapan nama Capres terbilang masih lama, namun pergerakan para relawan di daerah mulai bergeliat. Dalam pencalonan tersebut ada tiga nama yang terpotret lembaga survei dengan elektabilitas tertinggi, yakni, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Itu hasil survei Voxpopuli Research Center bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 23,8 persen disusul Prabowo Subianto sebesar 20,2 persen. Sedangkan, Anies Baswedan elektabilitas 18,7 persen.

Menilik hasil tersebut, posisi Anies Baswedan belum aman dan perlu bekerja keras lagi, meski di gadang-gadang akan diusung koalisi, Nasdem, PKS dan Demokrat.

Ketua DPW Mileanies Sulawesi Selatan Asri Tadda mengatakan, dengan adanya hasil survei akan menjadi dorongan bagi relawan Anies Baswedan untuk terus bergerak dan menggalang dukungan.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Tegaskan tak Berambisi jadi Capres Maupun Cawapres

“Ke depan, kami terus menggalang penguatan struktural relawan hingga ke level TPS dengan skema 3-3-3. Minimal ada 3 orang relawan yang akan menjaga setiap TPS ,” katanya, Jumat, (13/1/2023).

Menurutnya, dengan strategi dan masifnya sosialisasi relawan Anies, pihaknya meyakini
elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan terdongkrak.

“Apa yang kami relawan lakukan adalah murni perjuangan. InsyaAllah 2024 Pak Anies Baswedan Presiden Indonesia,” harapnya penuh ambisi.

Kedati demikian, Asri menilai hasil riset yang dilakukan beberapa lembaga survei berbeda-beda sehingga membuat publik bertanya-tanya terkait keakuratan.

Baca Juga :  Ribuan Warga Terdampak Banjir di Parepare, Dua Orang Meninggal Dunia

“Ada banyak lembaga survei dan hasilnya bisa beda-beda. Tapi sebagai relawan, sejak awal kami yakin bahwa elektabilitas Pak Anies memang tinggi. Lihat saja antusiasme publik dalam setiap kunjungan Anies ke berbagai daerah selama tahun 2022 lalu,” tuturnya.

Sementara Ketua Sahabat Ganjar DPW Sulsel, Subair Silaleng juga mengaku optimis Ganjar Pranowo akan maju Pilpres 2024. Meski sejauh ini belum ada keputusan resmi dari PDI Perjuangan tempat Anies bernaung.

Kata dia, Relawan Ganjar di Sulsel terus melakukan kegiatan sosial, diskusi hingga bantuan kepada warga. Dengan begitu diyakini akan meningkatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu.

“Untuk itu relawan yang berada di Sulsel akan terus mensosialisasikan pak Ganjar kepada masyarakat di 24 kab/kota yang ada di Sulsel,” terangnya dikonfirmasi terpisah.

Baca Juga :  Zainal A Paliwang Memimpin dengan 48 Persen, Irwan Sabri Mendominasi di Nunukan 

Para relawan sudah melakukan di berbagai wilayah yang ada di Sulsel untuk jadwal mengikuti program yang ada di pusat. “Kalau di Sulsel sudah terbentuk relawan di 24 daerah. Bahkan kami punya relawan milenial,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin menegaskan bahwa siapa saja yang ingin maju pada pemilihan legislatif (Pileg) diwajibkan untuk bekerja pemenangan Prabowo Subianto di Pilpres.

“Itu syarat mutlak bagi bakal calon legislatif yang ingin mengendarai Partai Gerindra di Pileg,” tandasnya.(*)

Penulis: Akbar

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *