HUT ke 77 Brimob Polri, Kapolda Resmi Kukuhkan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polri, Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya resmi mengukuhkan puluhan personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kaltara.

Batalyon ini nantinya akan ditempatkan di wilayah Bulungan dengan personel yang ada saat ini sebanyak 70 personel.

“Secara normatif setingkat batalyon itu harusnya 1000 personel, tapi karena keterbatasan personel begitupun scub Polda Kaltara masih 35 persen jadi ada Batalyon kerangka yang saat ini bisa diisi sekitar 70 personel,” beber Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya, Senin (14/11/2022).

Ia menjelaskan pendirian Batalyon ini agar lebih mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat. Mengingat di Kaltara sendiri terdiri dari wilayah 4 kabupaten dan 1 kota yang terpisah-pisah.

Baca Juga :  Selesai Jalani Hukuman di Barito Timur, Residivis Penggelapan Diciduk Ditreskrimum Polda Kaltara

“Rencananya ada 4 Batalyon yang akan kita dirikan, sekarang baru A dan B. Nanti C di Nunukan kemudian D di Malinau. Perlahan-lahan saja karena semakin kesini tantangan kita semakin meningkat,” tuturnya.

Selain itu, pendirian Batalyon ini nantinya juga akan sangat mengantisipasi ancaman-ancaman yang sifatnya tinggi seperti ancaman bom, teroris, dan kejahatan bersenjata di wilayah Kaltara.

Sementara untuk alutsista sendiri secara bertahap akan diteruskan permohonan ke Mabes Polri.

“Personel juga, kita tunggu pengajuan ke mabes masih dalam proses dan juga alat-alat standar untuk Batalyon. Misalnya juga bekas penemuan bom dan ranjau itu yang bisa menjinakkan kan dari Gegana,” tegas jenderal bintang dua itu.

Baca Juga :  Polda Kaltara Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran TA 2023

Terpisah, Dan Satbrimob Polda Kaltara, Kombes Pol Noor Hudaya melanjutkan Batalyon B di Bulungan nantinya juga akan mengawasi jalannya KIPI yang merupakan proyek terbesar di Kaltara.

“Makanya kekuatannya itu satu Batalyon Brimob dan satu Batalyon TNI itu khusus untuk melayani KIPI, penempatannya sementara di wilayah sebelum Polda, tapi markasnya nanti akan di Tanah Kuning,” ungkapnya.

Ia menguraikan alasan pendirian Batalyon B di Bulungan ini dikarenakan wilayah Ibu Kota dan terdapat KIPI. Selain itu juga untuk menyangga pengawasan untuk IKN.

Baca Juga :  Polda Kaltara Bersama Kanwil Dirjen Perbendaharaan Kaltara Gelar Coffee Morning

Menurutnya, personel yang ada untuk Batalyon B masih belum maksimal dikarenakan personel untuk scub Polda Kaltara juga masih rendah.

“Nanti ada Bintara lulusan baru, yang akan kita godok 3 bulan untuk pendidikannya lagi karena kan kalau Bintara itu Polisi umum, masuk ke sini jadi Brimob kita godok dulu sebelum pembaretan,” urainya

“Karena Brimob kita adalah salah satu penyangga IKN makanya saya dekatkan di wilayah Bulungan” pungkas perwira melati tiga itu. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *