Presiden Jokowi Tiba di Moskow Untuk Bertemu Presiden Putin

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Moskow, Rusia, pada Kamis, dengan agenda untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Cuaca cerah menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Moskow pada Kamis waktu setempat. Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden, Ibu Negara dan rombongan mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1583 votes

Setelah pintu pesawat terbuka, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turun dari pesawat dan disambut pejabat Federasi Rusia, antara lain, Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov.

Baca Juga :  DK PBB Adopsi Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Selama Ramadhan

Selain itu tampak pula Duta Besar RI untuk Rusia Jose Antonio Morato Tavares dan istri, serta Atase Pertahanan Kedutaan Besar RI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri ikut menyambut.

Dari bandara, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan akan menuju hotel tempat transit sebelum menuju Kremlin untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca Juga :  Rumah Sakit Al Amal di Gaza Lumpuh Total Akibat Pasukan Israel

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelum bertolak ke Moskow, Jokowi telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (30/6).

Kepada Zelenskyy, Presiden Jokowi menyampaikan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi yang terjadi di Ukraina setelah terjadinya invasi militer. Jokowi kepada Zelenskyy menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Baca Juga :  Rusia Tuduh Ukraina Dalang Serangan di Crocus City Hall

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelenskyy yang ditujukan ke Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan ditemuinya pada Kamis ini.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” kata Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6).***

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *