oleh

Pertanian Malinau Berpotensi Menjadi Andalan Nasional, Wagub Kaltara bakal Siapkan Rencana Induk

MALINAU – Potensi pertanian di Kabupaten Malinau luar biasa melimpahnya. Hal itu diutarakan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara, Dr Yansen TP MSi kala meninjau dua lokasi pertanian di Malinau, Rabu (6/10/2021) sore kemarin.

Dua lokasi itu berada di Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota dan Desa Kaliamok, Kecamatan Malinau Utara.

Di masing-masing daerah itu, terdapat proyek pembangunan jaringan irigasi tepatnya di Sei Bengalon dan Sei Kaliamok. Sebab, sumber air area pertanian sawah masyarakat setempat masih mengandalkan pasang surut air sungai.

Baca Juga :  Ditinjau Wagub, Kaltara Segera Punya Laboratorium Kesehatan

Proyek ini tujuannya untuk meningkatkan infrastruktur jaringan irigasi di daerah potensial dan produktif pertanian. Yang pada gilirannya ke depan, diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian, sekaligus mendorong kesejahteraan petani, serta mewujudkan ketahanan pangan di daerah.

Wagub menegaskan, kedatangannya ke lokasi itu untuk memastikan proyek dibangun dengan keseriusan pihak-pihak yang terlibat, agar dapat memberi manfaat jangka panjang.

“Jangan sampai dikerjakan secara asal-asalan, tanpa mengutamakan kualitas dan manfaaat jangka panjang tadi,” tegasnya.

Di sela kunjungan tersebut, Wagub menginstruksikan jajaran terkait khususnya Dinas PUPR Perkim membuat rencana induk atau masterplan pengembangan infrastruktur kawasan pertanian di Desa Malinau Kota dan Desa Kaliamok. Mulai dari jaringan jalan, jembatan, dan irigasinya, serta pendukung lainnya.

Baca Juga :  Pendapatan Kaltara Cukup Baik, Belanja Masih Perlu Didorong

“Kenapa? Karena Kalimantan Utara, khususnya Kabupaten Malinau berpeluang besar menjadi andalan pertanian nasional,” ujarnya.

Ia menjelaskan, lahan pertanian di Pulau Jawa sudah hampir hampir habis. Di Pulau Sulawesi juga semakin menipis. Dan yang berpeluang untuk menjadi penopang pertanian nasional adalah Kalimantan Utara, yang termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Malinau.

“Apalagi kita ketahui bersama, Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi potensi besar bagi Kalimantan Utara untuk menopang dari sektor pertaniannya,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Harapkan FKPPI Kaltara Jadi Ujung Tombak Hadapi Ancaman Non-Militer

“Dan, jika jalan dari Malinau ke Krayan sudah tembus, kita berpeluang juga memenuhi kebutuhan pangan negara tetangga kita, Malaysia,” lanjutnya.

Oleh karena itu, sejak sekarang sektor pertanian Kalimantan Utara dan infrastruktur pendukungnya disiapkan dengan baik melalui konsep dan perencanaan yang komprehensif. (ADPIM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *