oleh

Ketua KKMB KTT Sambangi Rumah Adat Bola Soba di Bone yang Hangus Terbakar

TANA TIDUNG – Ketua Kerukunan Masyarakat Bone (KKMB) Kabupaten Tanah Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Asman Muchlis yang baru saja dilantik ikut prihatin atas kebakaran rumah adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. Dan langsung menyambangi eks kebakaran tersebut.

Mendengar rumah adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terbakar, tanpa berpikir panjang Asman Muchlis langsung menyambangi rumah adat yang tinggal puing-puing setelah dilalap si jago merah.

Asman Muchlis saat meninjau lokasi kebakaran yang menghanguskan rumah adat Bola Soba di Jalan Latenritatta, Kelurahan Masumpu, Kecamatan Tanete Riattang, pada Selasa 30 maret 2021 kemaren mengatakan, bola Soba Saoraja Petta Ponggawae salah satu warisan budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Bone. Hampir seluruh bangunan habis dilalap api.

Baca Juga :  Melalui Pelatihan, Bupati Tana Tidung Berharap UMKM Tambah Inovatif dan Kreatif

“Saya sangat prihatin dengan kondisi rumah adat bone Bola Soba saat ini, mendengar kebakaran, saya sempatkan waktu untuk ke datang kesana, sebagai putra kelahiran bone tentu prihatin sekali,” kata Asman Muchlis

Pria kelahiran asli putra daerah bone itu mengakui, bahwa rumah adat Bola Soba adalah salah satu warisan budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Bone.

Baca Juga :  Bupati Ibrahim Ali Jadi Narasumber Webinar Nasional Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru

“Bola Soba Saoraja Petta Ponggawae ini salah satu warisan budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Bone dan rumah adat tertua di bone. Seperti kita lihat hampir seluruh bangunan habis dilalap si jago merah,” ungkapnya

Untuk itu, Asman Muchlis berharap kepada pemerintah setempat untuk bisa membangun kembali rumah adat bone yang bersejarah itu.

Baca Juga :  Disambangi Kemenag dan Pimpinan Ponpes KTT, Ibrahim Ali Siap Jadi Pembina Upacara Hari Santri Nasional

“Harapan saya dan harapan masyarakat bone kepada pemerintah, untuk bisa kembali membangun kembali rumah adat Bola Soba Agar kelestarian adat bone tetap terjaga,” harapnya.(*)

Reporter: Dwi
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *