Sejak Awal September Harga Telur Ayam di Nunukan Naik

benuanta.co.id, NUNUKAN – Harga telur di Nunukan sejak awal September ini sudah menunjukkan kenaikan harga. Maya salah satu agen telur yang berada di Jalan Hasanuddin, Kelurahan Nunukan Utara, Kecamatan Nunukan ini membenarkan harga telur naik.

“Sebelumnya harganya per raknya Rp 49 ribu, kalau sekarang Rp 53 ribu. Jadi naiknya sekitar Rp 4 ribu,” kata Maya kepada benuanta.co.id, Sabtu (14/9/2024).

Sebelumnya, ia menyetok sekitar 1.500 rak yang di pasok dari Sulawesi Selatan. Namun, stok tersebut kini sudah menipis. Bahkan, Senin mendatang ini Maya mengatakan jika harga telur akan naik menjadi Rp 55 ribu.

“Ini datang Jumat kemarin, karena langsung diambil oleh pedagang di Nunukan. Sebagian ada juga yang kita kirim ke Sebatik. Ini rencananya hari Senin ada kapal datang, jadi adalagi telur yang masuk,” ungkapnya.

Baca Juga :  Data BPS Kaltara Penumpang Angkutan Laut Alami Peningkatan Signifikan

Diungkapkannya, kenaikan harga telur disebakan harga agen yang ada di Makassar juga mengalami kenaikan. Sehingga untuk memperoleh keuntungan ia juga harus menaikkan harga. “Untuk harga disana, kita dikasih Rp 50 ribu itu sudah sampai disini, makanya kita jual eceran dan kepada pedagang disini Rp 53 ribu,” ujarnya.

Sementara itu, Fungsional Pengendalian Barang Pokok, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian Perdagangan (DKUMKMPP) Nunukan, Abdul Rahman mengatakan, kenaikan harga jelang Maulid Nabi merupakan hal yang lumrah terjadi.

Baca Juga :  Arisan sebagai Ajang Silaturahmi Diperbolehkan, Tetap Patuhi Aturan Syariat

“Kalau untuk harga sembako saat ini stabil semuanya, hanya saja memang untuk harga telur yang di pasok dari luar mengalami kenaikan, namun tidak signifikan,” kata Rahman.

Dikatakannya, berdasarkan hasil pantauan di sejumlah pasar, harga telur di pedagang kini mencapai Rp 54 ribu hingga Rp 60 ribu per raknya. Yang mana, harga tersebut sesuai dengan besarnya ukuran terluar.

“Data kita di tanggal (13/9) itu harga telur Sulawesi Rp 60 ribu. Tapi hari Senin ini ada lagi kapal datang, jadi otomatis stok telur banyak lagi,” ungkapnya.

Namun, Rahman mengatakan saat ini di Nunukan telah tersedia telur lokal. Bahkan, jika dibandingkan dengan telur Sulawesi harga telur lokal lebih murah yakni Rp 53 ribu hingga Rp 57 ribu per raknya.

Baca Juga :  Stimulus Prestasi Pelajar di Desa Binaan, PT MIP Berikan Beasiswa

“Jadi semuanya kembali lagi ke Masyarakat, kalau harga telur Sulawesi lebih mahal bisa beralih ke telur lokal karena kualitasnya sama saja. Yang terpenting untuk ketersediaan telur kita pastikan aman hingga Maulid Nabi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *