Disdikbud Gelar Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru, Tenaga Pendidik dan Siswa

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru, Tenaga Pendidik dan Siswa Jenjang Pendidikan Menengah di Kota Tarakan. Kegiatan tersebut berlangsung di Hall Lantai 1 SMA Negeri 1 Tarakan pada Jumat (13/9/2024).

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Kaltara, Dr. H. Zainal Arifin Paliwang dan stakeholder terkait serta para guru, tenaga pendidik, siswa yang ada di Tarakan.

Adapun jumlah peserta pada kegiatan ini yaitu, tenaga pendidik guru sebanyak 472 peserta, tenaga kependidikan sebanyak 187 peserta, siswa terdiri dari 1341 peserta jumlah secara keseluruhan adalah 2.000 peserta.

Seketaris Disdikbud Kaltara, H. Sudarsono menuturkan kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023. Selain itu menurutnya, pendidikan karakter merupakan kegiatan nasional.

Pendidikan karakter juga diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres ) Nomor 80 tahun 2017 yang menyatakan sebagai suatu gerakan pendidikan bertanggung jawab di satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi, oleh rasa, oleh pola pikir, olahraga, pelibatan dan kerjasama satuan pendidikan.

“Tujuan kegiatan pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter ini adalah membangun Kaltara dan bangsa yang tangguh di mata masyarakat. Berakhlak mulia bertoleransi bergotong-royong di dalam siswa harus ditanamkan nilai-nilai karakter yang bersumber dari agama,” singkatnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *