Diundang Presiden ke IKN, HIPMI Kaltara Kenalkan Khas Daerah di HUT RI ke-79 

benuanta.co.id, Kaltim – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalimantan Utara (Kaltara) hadir langsung dalam Upacara Kemerdekaan ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Pada momentum ini, HIPMI Kaltara mengenalkan pakaian khas yakni Singal dari Tidung, baju khas Bulungan dan batik corak Dayak Malinau.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya upacara yang selalu di gelar di Istana Negara. Tahun ini momen bersejarah diukir melalui upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama kali di IKN.

HIPMI Kaltara yang diundang langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo mengikuti upacara HUT RI ke-79 di IKN. Melalui kesempatan itu, HIPMI Kaltara berkesempatan mengenalkan pakaian khas tradisional Kaltara.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Sudah Ajukan Cuti, Larang Manfaatkan Fasilitas Negara Selama Cuti

“Mengenalkan singal yang menjadi kebanggaan kita dari suku Tidung. Juga yang selalu dikenalkan Pak Gubernur disetiap momen nasional. Ada juga baju khas Bulungan serta batik khas Malinau yang ikut kita kenalkan,” ungkap Ketua HIPMI Kaltara, Ahmad Syamsir Arief pada Senin, 19 Agustus 2024.

Disampaikannya, momentum kemerdekaan merupakan hari yang tepat dalam mengenalkan pakaian khas tradisional kepada berbagai pihak yang hadir dalam upacara tersebut. Bagi dirinya, pakaian tradisional sudah menjadi suatu kebanggan bagi Kaltara yang harus terus-menerus dikenalkan di penjuru nusantara.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Sudah Ajukan Cuti, Larang Manfaatkan Fasilitas Negara Selama Cuti

“Dalam momen kenegaraan ini kita juga perlu menampilkan kebanggaan budaya kita di Kaltara. Saya yakin dengan cara ini maka budaya Kaltara akan semakin dikenal di Nusantara,” sebutnya.

Ia pun mengajak para pengusaha muda di Kaltara untuk turut mendorong kehadiran usaha pakaian khas Kaltara, agar geliat ekonomi daerah ikut tumbuh dan berkembang.

“Pengusaha muda harus turut terlibat dalam menciptakan peluang-peluang usaha di bidang budaya. Ke depan kita sangat harapkan produksi pakaian-pakaian seperti batik, singal, dan pakaian khas Kaltara lainnya berkembang pesat dan menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah,” tuturnya.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Sudah Ajukan Cuti, Larang Manfaatkan Fasilitas Negara Selama Cuti

Tahun ini, HUT ke-79 RI bertema “Nusantara Baru Indonesia Maju” menggambarkan transisi yang terjadi di 2024 yaitu kepindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa. (*)

Editor: Nicky Saputra 

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
855 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *