Antisipasi Kebakaran Fatal, Pemda Bulungan Siapkan Motor Roda 3 Damkar untuk Kecamatan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Berkaca dari beberapa kasus kebakaran yang tidak bisa tertangani secara maksimal oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar) karena letaknya cukup jauh dari perkotaan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan berinisiatif mengadakan motor roda 3 pemadam kebakaran yang nantinya ditempatkan di masing-masing kecamatan sebagai langkah antisipasi dan penanganan dini ketika terjadi kebakaran.

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd.M.SI usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Desa Salimbatu menyerahkan secara simbolis 2 unit motor roda 3 pemadam kebaran untuk kecamatan.

Menurutnya, secara bertahap nantinya Pemerintah Daerah (Pemda) Bulungan melakukan pengadaan peralatan pendukung pemadaman kebakaran yang mudah dioperasikan dan mampu mengakses jalanan sempit.

“Secara bertahap nantinya seluruh kecamatan akan kita adakan motor roda tiga pemadam kebakaran. Tahap awal melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) kita adakah sekitar 5 unit. Termasuk pelatihan dari teman-teman pemadam kabakaran,” terangnya.

Baca Juga :  Diskusi Publik Jaringan Pemuda Bulungan, Syarwani Bicara Pentingnya Politik bagi Generasi Muda

Menurutnya, langkah awal masih diprioritaskan pengadaan motor roda 3 Damkar di tiap kecamatan. Meski tidak menuntut kemungkinan nantinya tiap desa memiliki motor Damkar ini.

“Untuk di APBD-P ini kita prioritaskan di kecamatan dulu secara bertahap mudahan 5 unit. Ini merupakan langkah kewaspadaan kita, berkaca dari musibah kebakaran di Desa Long Beluah dan Tanjung Palas beberapa waktu lalu,” katanya.

Secara teknis, motor roda 3 Damkar, menggunakan mesin berkapasitas 200 cc memiliki tangki air hingga 500 liter yang dinilai cukup untuk melakukan pertolongan pertama ketika terjadi kebakaran. Khususnya di pemukiman padat dengan gang kecil yang susah terakses mobil pemadam.

Baca Juga :  Keberadaan UT Selaras Upaya Pemkab Bulungan Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Dengan dimensi luar berukuran 180 x 120 x 100 cm, motor ini diklaim sangat lincah bermanuver di kampung padat yang sulit terakses roda empat saat terjadi peristiwa kebakaran meski ukuran tangki airnya cukup besar.

Tangki air besar motor damkar pabrikan Viar ini dilengkapi selang hydrant sepanjang 20 meter dan didukung sistem rangkaian bolak-balik (sedot-dorong). Motor ini juga dilengkapi lampu sirene.

Berikut rincian spesifikasi Motor Roda 3 Pemadam Kebakaran yang akan ada di setiap Kecamatan di Kabupaten Bulungan.

Motor beroda 3 bermesin : 200 CC dengan kapasitas tangki : 500 liter, dilengkapi plat besi 2 mili meter (mm) (tol 0.2mm). Dimensi luar : 180 x 120 x 100 cm, lantai, plat aluminium bordes 2 mm dan 1,2 mm (tol 0.2 mm) aksesoris, lampu sirine merah, instalasi pipa besi 2″ (in dan out), Gun : 1.5 inchi, selang hisap spiral 2″ panjang 5m, selang semprot atau selang hydrant 1.5″ panjang 20 meter. Pompa, general, matrix, maestro dan setaranya daya mesin  5.5 HP daya hisap 6 meter, daya dorong 26 m vertical. (adv)

Baca Juga :  Dana TAKE 2025 Dikucur Rp 7 Miliar, Bupati Atensi Khusus Penanganan Sampah Plastik

Editor: Yogi Wibawa

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
855 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *