Melebihi Target, Pemkot Tarakan Raih Penghargaan UHC Award

benuanta.co.id, TARAKAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia di Grand Krakatau Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Penghargaan tersebut diraih karena cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Tarakan yang telah melebihi target menjadi salah satu indikator.

Penghargaan UHC Award tahun ini merupakan penghargaan kategori tertinggi yang diraih, yaitu Kategori Utama. Penghargaan diterima langsung Penjabat Pj Wali Kota Tarakan, Bustan melalui seremoni.

Dikatakan Bustan penghargaan ini didapatkan karena kota Tarakan mampu memenuhi indikator penilaian. Kota Tarakan sendiri mencapai kepesertaan JKN telah melebihi target yang ditentukan pemerintah, yakni mencapai 101,88 persen.

“Ada beberapa indikator persyaratan kita menerima penghargaan. Salah satunya capaian daerah di atas 98 persen. Patut disyukuri kota Tarakan di atas 100 persen, tepatnya 101 persen,” ujarnya, Kamis (8/8/2024).

Selain itu, Kota Tarakan juga dinilai memenuhi indikator capaian keaktifan kepesertaan JKN yang mencapai 81,99 persen. Indikator lainnya, program JKN bagi peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) di Kota Tarakan terus berkesinambungan.

Ia menegaskan Pemkot Tarakan terus mengupayakan warga yang belum tercover BPJS Kesehatan dengan bersinergi bersama pihak ketiga agar bisa menanggung premi PBPU.

“Mungkin yang belum tercover, bisa kita lakukan namanya inovasi. Ketika fiskal kita tidak mampu memenuhi tersebut, kita mencoba melakukan inovasi, memohon kepada perusahaan atau investor yang berusaha di Tarakan, kita minta bantu pembayaran PBPU supaya Tarakan semua tercover,” jelasnya.

“Kami juga terus menanggung warga kurang mampu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *