Bawaslu Tarakan Luncurkan Posko Kawal Hak Pilih

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tarakan meluncurkan Posko Kawal Hak Pilih guna memastikan nama pemilih masuk dan terdaftar sebagai pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

Posko tersebut berlokasi di Sekretariat Bawaslu, Jalan Pulau Sumatera, Kelurahan Pamusian. Tujuan pembentukan posko tersebut juga agar dapat membantu masyarakat.

Komisioner Bawaslu Tarakan, Johson mengatakan Posko ini tentu tidak serta merta launching begitu saja, kemudian hanya sebatas simbol.

“Pemilihan yang akan kita laksanakan nantinya bukan hanya selesai saat pencoblosan tetapi pada saat kapan tahapan itu di mulai, termasuk tahapan yang sedang kita lalui pencoklitan ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi berikan fasilitas Golden Visa untuk Shin Tae-yong

Ia mengajak warga masyarakat jika ada kesesuaian prosedur yang dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) selama tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) dapat melaporkan ke posko tersebut.

Terpisah, Komisioner Bawaslu, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, A. Muh Saifulla menjelaskan posko akan dibuka dari tahapan coklit di mulai sampai pemutakhiran data pemilih (DPT).

Baca Juga :  Demokrat Resmi Usung Pasangan SAH Maju Pilkada KTT 2024

“Nanti dari tahapan coklit sampai penetapan DPT. Posko Kawal Hak Pilih menerima aduan selama jam kerja Senin hingga Jumat pukul 08.00 WITA sampai 16.00 WITA,” terangnya.

“Warga masyarakat yang belum terdata atau masyarakat yang memang tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih misalnya menjadi TNI Polri, itu semua bisa disampaikan ke kami dan akan kami tampung kemudian kami tindak lanjuti,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga membuka ruang aduan melalui media sosial Bawaslu Tarakan, dimana masyarakat bisa menyampaikan informasi yang berkaitan dengan proses Coklit melalui Medsos lalu akan ditindaklanjuti di lapangan.

Baca Juga :  DPW PKS Kaltara Beri Dukungan ke Zainal-Ingkong untuk Menangkan Pilgub

“Panwascam, PKD, saat ini mereka sedang mengawal proses coklit oleh kawan – kawan Pantarlih, di posko kita tempatkan satu orang stanby, sisanya di lapangan mengawal coklit,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2679 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *