13 Negara Melaju ke Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta – Sebanyak 13 negara sudah memastikan dirinya lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah melalui matchday kelima ronde kedua, Kamis waktu setempat.

Pada matchday kelima ini, tercatat negara-negara unggulan seperti Jepang, Korea Selatan hingga Arab Saudi mampu mengamankan kemenangan dan kokoh di puncak klasemen sementara grup masing-masing.

Kini masih ada tiga tiket tersisa menuju ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang diperebutkan oleh tujuh negara dari tiga grup.

Berikut rekap matchday kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua zona Asia:

Grup A

Pada matchday kelima, semua laga berakhir imbang tanpa gol di mana juara grup Qatar ditahan imbang Afghanistan, sedangkan India menahan Kuwait.

Kini baru hanya Qatar yang sudah dipastikan lolos ke babak selanjutnya, sementara satu tiket tersisa masih diperebutkan oleh India, Afghanistan dan Kuwait.

Saat ini India berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan lima poin dari lima laga, sementara tempat ketiga dihuni oleh Afghanistan yang telah mengumpulkan lima poin dan Kuwait berada di peringkat keempat dengan empat poin.

Selanjutnya pada matchday pamungkas atau keenam, Afghanistan tercatat akan bertandang ke markas Kuwait, sedangkan India melawat ke Qatar.

Ketiga negara yang masih berpeluang ini nantinya dituntut untuk mengamankan kemenangan pada matchday terakhir untuk berupaya lolos ke babak selanjutnya.

 Hasil pertandingan matchday kelima Grup A:

Afghanistan 0 – 0 Qatar

India 0 – 0 Kuwait

Klasemen sementara Grup A:

 

No Negara Main SG Poin
1 Qatar 5 14 13
2 India 5 -3 5
3 Afghanistan 5 -10 5
4 Kuwait 5 -1 4

 Jadwal pertandingan matchday keenam Grup A:

Selasa (11/6)

Qatar vs India 22.45 WIB

Rabu (12/6)

Kuwait vs Afghanistan 00.45 WIB

Grup B

Situasi yang terjadi di Grup A, hampir sama terjadi juga di Grup B, karena baru ada satu negara yang memastikan diri lolos yaitu Jepang dan dipastikan berstatus sebagai juara grup.

Pada matchday kelima Grup B, Jepang tercatat mengamankan poin penuh dengan mengalahkan Myanmar 5-0, sedangkan Korea Utara mampu menekuk Suriah dengan skor tipis 1-0.

Jepang yang sudah memastikan lolos sejak matchday keempat, kini menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup B dengan total 15 poin dari lima pertandingan.

Kini satu tiket tersisa menuju ke babak selanjutnya dari Grup B akan diperebutkan oleh Suriah yang berada di posisi kedua dengan tujuh poin dan Korea Utara di tempat ketiga dengan enam poin.

Partai penentuan akan terjadi di matchday keenam Grup B ketika Korea Utara akan menjamu Myanmar, sedangkan Suriah melakoni partai berat dengan bertandang ke markas Jepang.

Baca Juga :  Gol Larut Conceicao antar Portugal Taklukkan Republik Ceko 2-1

 Hasil pertandingan matchday kelima Grup B:

Korea Utara 1 – 0 Suriah

Myanmar 0 – 5 Jepang

Klasemen sementara Grup B:

 

No Negara Main SG Poin
1 Jepang 5 19 15
2 Suriah 5 2 7
3 Korea Utara 5 1 6
4 Myanmar 5 -22 1

 Jadwal pertandingan matchday keenam Grup B:

Selasa (11/6)

Korea Utara vs Myanmar 17.00 WIB

Jepang vs Suriah 17.14 WIB
Grup C

Di Grup C, satu negara telah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya yaitu Korea Selatan, sedangkan satu tempat lainnya masih diperebutkan oleh China dan Thailand setelah melakoni matchday kelima.

Pada matchday kelima, tercatat Korea Selatan mengamankan kemenangan telak atas tuan rumah Singapura, sedangkan China ditahan imbang 1-1 oleh Thailand.

Korea Selatan berhak melaju ke ronde selanjutnya dengan status juara grup setelah mampu mengumpulkan total 13 poin dari lima pertandingan.

Sementara itu, China yang menempati peringkat kedua telah memiliki delapan poin dari lima pertandingan, sedangkan Thailand membuntuti di posisi ketiga dengan lima poin.

Selanjutnya pada matchday keenam Grup C, dijadwalkan China akan menghadapi ujian berat dengan bertandang ke markas Korea Selatan, sedangkan Thailand akan menjamu Singapura.

 Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup C:

Singapura 0 – 7 Korea Selatan

China 1 – 1 Thailand

Berikut klasemen sementara Grup C:

 No Negara Main SG Poin
1 Korea Selatan 5 18 13
2 China 5 2 8
3 Thailand 5 -1 5
4 Singapura 5 -17 1

 Jadwal pertandingan matchday keenam Grup C:

Selasa (11/6)

Korea Selatan vs China 18.00 WIB

Thailand vs Singapura 19.30 WIB

Grup D

Di Grup D, Oman telah dipastikan melaju ke babak selanjutnya, sedangkan satu tiket tersisa tengah diperebutkan oleh Kyrgyzstan dan Malaysia.

Oman kini menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup D dengan 12 poin dari lima pertandingan, sedangkan posisi kedua ditempati Kyrgyzstan dengan 10 poin, lalu ada Malaysia di tempat ketiga dengan tujuh poin.

Pada matchday kelima Grup D, Oman tercatat mampu mengamankan kemenangan 3-0 atas Chinese Taipei, sedangkan Kyrgyzstan ditahan imbang Malaysia 1-1.

Pada matchday keenam, Kyrgyzstan hanya perlu mengamankan hasil imbang ketika berjumpa Oman, sedangkan Malaysia harus mengamankan poin penuh dari Chinese Taipei untuk menjaga asa mereka lolos ke babak selanjutnya.

 Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup D:

Kyrgyzstan 1 – 1 Malaysia

Chinese Taipei 0 – 3 Oman

Klasemen sementara Grup D:

 No Negara Main SG Poin
1 Oman 5 9 12
2 Kyrgyzstan 5 6 10
3 Malaysia 5 -2 7
4 Chinese Taipei 5 -13 0

 Jadwal pertandingan matchday keenam Grup D:

Selasa (11/6)

Malaysia vs Chinese Taipei 20.00 WIB

Baca Juga :  Spanyol Susul Jerman Amankan Tiket Babak 16 Besar

Oman vs Kyrgyzstan 23.00 WIB

Grup E

Di Grup E, dua negara yaitu Iran dan Uzbekistan sudah memastikan lolos ke babak selanjutnya sejak melakoni matchday keempat, Maret lalu.

Saat ini Iran menempati peringkat pertama, sedangkan posisi kedua dihuni oleh Uzbekistan dan kedua negara sama-sama telah mengumpulkan 13 poin dari lima pertandingan.

Pada matchday kelima, Iran tercatat mengamankan kemenangan 4-2 atas Hong Kong, sementara Uzbekistan mengalahkan sesama negara pecahan Uni Soviet Turkmenistan dengan skor 3-1.

Selanjutnya pada matchday keenam, Iran akan menjamu Uzbekistan untuk menentukan siapa yang akan berstatus sebagai juara grup, sedangkan Turkmenistan akan menghadapi Hong Kong.

Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup E:

Uzbekistan 3 – 1 Turkmenistan

Hong Kong 2 – 4 Iran

 Klasemen sementara Grup E:

 

No Negara Main SG Poin
1 Iran 5 12 13
2 Uzbekistan 5 9 13
3 Turkmenistan 5 -10 1
4 Hong Kong 5 -11 1

 Jadwal pertandingan matchday keenam Grup E:

Selasa (11/6)

Turkmenistan vs Hong Kong 22.00 WIB

Rabu (12/6)

Iran vs Uzbekistan 00.00 WIB

Grup F

Sementara itu di Grup F, Irak menegaskan posisinya sebagai jawara grup setelah mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0, sedangkan Vietnam menjaga asa mereka lolos ke babak selanjutnya seusai mengalahkan Filipina 3-2.

Irak sukses mencatatkan poin sempurna dari lima pertandingan yang sudah dilalui dengan menorehkan total 15 poin dari lima pertandingan dan memastikan diri melaju ke babak selanjutnya.

Sementara itu, satu tiket tersisa ke babak selanjutnya dari Grup F akan diperebutkan oleh peringkat kedua Indonesia yang sudah mengumpulkan tujuh poin dari lima pertandingan dan peringkat ketiga Vietnam yang memiliki enam poin.

Pada matchday keenam nanti, Indonesia dituntut untuk mengamankan poin penuh ketika menjamu Filipina, sedangkan Vietnam harus meraih kemenangan atas Irak untuk menjaga asa mereka lolos ke babak selanjutnya.

Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup F:

Indonesia 0 – 2 Irak

Vietnam 3 – 2 Filipina

Klasemen sementara Grup F:

 

No Negara Main SG Poin
1 Irak 5 13 15
2 Indonesia 5 -2 7
3 Vietnam 5 -2 6
4 Filipina 5 -9 1

 Jadwal matchday keenam Grup F:

Selasa (11/6)

Indonesia vs Filipina 19.30 WIB

Rabu (12/6)

Irak vs Vietnam 01.00 WIB

Grup G

Di Grup G, tercatat dua negara yaitu Arab Saudi dan Yordania telah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya setelah melakoni matchday kelima.

Arab Saudi kini menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup G dengan torehan 13 poin dari lima pertandingan, sedangkan Yordania berada di posisi kedua dengan 10 poin.

Pada matchday kelima Grup G, Arab Saudi tercatat mampu mengalahkan Pakistan dengan skor 3-0, sedangkan Yordania menghajar Tajikistan dengan skor serupa.

Baca Juga :  Gol Spektakuler Arda Guler Bantu Turki Menang 3-1 atas Georgia

Arab Saudi dan Yordania selanjutnya akan bertemu pada matchday keenam untuk memperebutkan status juara grup, sedangkan Tajikistan akan menjamu Pakistan.

 Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup G:

Yordania 3 – 0 Tajikistan

Pakistan 0 – 3 Arab Saudi

Klasemen sementara Grup G:

 

No Negara Main SG Poin
1 Arab Saudi 5 10 13
2 Yordania 5 11 10
3 Tajikistan 5 1 5
4 Pakistan 5 -22 0

 Jadwal pertandingan matchday keenam Grup G:

Selasa (11/6)

Tajikistan vs Pakistan 22.00 WIB

Rabu (12/6)

Arab Saudi vs Yordania 01.00 WIB

Grup H

Uni Emirat Arab memastikan sebagai predikat juara Grup H setelah mengamankan 15 poin dari lima pertandingan, sedangkan peringkat kedua sudah pasti diamankan Bahrain yang telah mengumpulkan 10 poin.

Pada matchday kelima Grup H, Uni Emirat Arab tercatat mampu mengalahkan Nepal dengan skor 4-0, sedangkan Bahrain bermain imbang tanpa gol kontra Yaman.

Uni Emirat Arab selanjutnya akan berhadapan dengan Bahrain pasa matchday keenam Grup H, sedangkan Yaman akan menjamu Nepal.

 Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup H:

Bahrain 0 – 0 Yaman

Nepal 0 – 4 Uni Emirat Arab

Klasemen sementara Grup H:

 

No Negara Main SG Poin
1 Uni Emirat Arab 5 14 15
2 Bahrain 5 8 10
3 Yaman 5 -4 4
4 Nepal 5 -18 0

Jadwal pertandingan matchday keenam Grup H:  Senin (10/6)

Yaman vs Nepal 17.00 WIB

Rabu (12/6)

Uni Emirat Arab vs Bahrain 00.00 WIB

Grup I
Dua negara yaitu Australia dan Palestina memastikan diri sebagai wakil untuk melaju ke babak selanjutnya dari Grup I setelah melakoni matchday kelima.

Australia memastikan diri berstatus sebagai juara grup setelah mengalahkan Bangladesh 2-0, sedangkan posisi kedua diamankan Palestina meski bermain imbang kontra Lebanon.

The Socceroos tercatat telah mengumpulkan 15 poin dari lima pertandingan, sedangkan Palestina tercatat memiliki delapan poin.

Selanjutnya pada matchday keenam Grup H, Australia akan menjamu Palestina, sedangkan Lebanon dijadwalkan menghadapi Bangladesh.

 Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup I:

Palestina 0 – 0 Lebanon

Bangladesh 0 – 2 Australia

Klasemen sementara Grup I:

 

No Negara Main SG Poin
1 Australia 5 17 15
2 Palestina 5 5 8
3 Lebanon 5 -5 3
4 Bangladesh 5 -17 1

Jadwal pertandingan matchday keenam Grup I:  Selasa (11/6)

Australia vs Palestina 19.05 WIB

Lebanon vs Bangladesh 23.00 WIB.

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *