DPUPR Kaltara Rehabilitasi Jalan Gunung Selatan Tahun Ini

benuanta co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR – Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), mengerjakan rehabilitasi Jalan Gunung Selatan di Kota Tarakan pada tahun 2024.

Pekerjaan ini dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang berkaitan erat dengan peningkatan perekonomian bagi masyarakat di Kota Tarakan, maka diperlukan adanya sarana dan prasarana lalu lintas yang memadai. Penanganan longsor di jalan tersebut juga dilakukan pada tahun 2023.

Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara, Helmi melalui Kepala Bidang Bina Marga, Erni mengatakan, pekerjaan tersebut dikerjakan secara maraton dan ditargetkan selesai pada akhir tahun kemarin.

“Penanganan yang dilakukan sepanjang 50 meter dan kita upayakan agar bisa selesai pada akhir Desember ini. Saat ini pekerjaan mayor sudah hampir tuntas” kata Erni.

Pekerjaan mayor sendiri berupa perkuatan tanah dengan bored pile dan geosintetik. Setelah itu akan dilakukan perbaikan struktur badan jalan yang terdampak longsor.

Dia menuturkan, bahwa di ruas Jalan Gunung Selatan memang terdapat beberapa titik rawan longsor, karena kontur yang berbukit dan karakteristik tanahnya yang cenderung labil. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2118 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *