Kesbangpol Siapkan 4 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tengah mempersiapkan empat pelajar untuk mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional 2024.

Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltara, H. Iskandar, S.IP., M.Si. melalui Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Kesbangpol Kaltara, Yori Feriyandi, S.IP, SKM, M.Si menyampaikan seleksi Paskibraka tingkat provinsi telah selesai dan sedang menyiapkan pelajar mengikuti calon Paskibaraka tingkat nasional.

“Yang lulus di tahap akhir 24 Paskibraka tingkat provinsi Kaltara, 4 Paskibraka akan dikirim ke pusat,” katanya, Selasa (28/5).

Baca Juga :  Gubernur Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi, Presiden Ingatkan Tantangan Perubahan Iklim

Empat orang pelajar itu nantinya akan mengikuti seleksi paskibraka tingkat nasional. Tahap awal, mereka akan melalui tes Medical Check Up (MCU) hasilnya dikirim, setelah itu hasil tes dikirim untuk di seleksi pusat.

Yori mengatakan tes MCU ini wajib dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi berdasarkan yang telah ditentukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yakni RSUD dr. H. Jusuf SK Kota Tarakan.

“Kami masih menunggu persetujuan dan arahan Sekprov, selesai tahap ini langsung menghubungi ke pusat dan rumah sakit dikirim namanya untuk dijadwalkan MCU nya,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemprov Bersama SKALA Susun Naskah Akademik Raperda PUG

“Jadi keputusan lolosnya 4 paskibraka adalah dari pusat bukan dari kami Kesbangpol,” sambungnya.

Badan Kesbangpol Kaltara beserta tim telah melaksanakan seleksi Paskibaraka tingkat Provinsi pada tanggal 19 – 23 Mei 2024, dikuti 60 pelajar se-Kaltara, dari 24 pelajar yang tersisa 20 Paskibraka maka secara otomatis akan ditetapkan sebagai Paskibraka Provinsi Kalimantan Utara.

Berdasarkan hasil seleksi oleh tim yang terdiri dari Polda Kaltara, Lantamal XIII, Korem 092 Maharajalila, BPIP, Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI), Psikolog Universitas Borneo Tarakan dan Kesbangpol Kaltara tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltara Nomor 188.44/K.196/2024 tentang Panitia Pelaksana Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Provinsi Kalimantan Utara 2024.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Menyerahkan Sapi Kurban untuk WBP Lapas Nunukan

Yori menyebutkan Informasi terkait penugasan pelajar calon paskibraka bisa didapat dengan membuka situs https://paskibraka.bpip.go.id.

“Untuk pelajar yang tidak lolos seleksi paskibraka tingkat provinsi maka akan ditetapkan sebagai paskibraka tingkat kabupaten/kota, surat keputusan akan dibuatkan oleh sekda kabupaten/kota,” tuntasnya.(dkisp)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1966 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *