Shin Tae-yong Cukup Percaya Diri Dapat Antarkan Timnas ke Olimpiade

Jakarta -Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong cukup percaya diri dapat mengantar Garuda Muda untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024, menjelang pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan pada Senin (29/4).

Tiket Olimpiade dapat diperoleh timnas Indonesia jika mampu menyelesaikan Piala Asia U-23 di posisi tiga besar, atau memenangi pertandingan playoff antar konfederasi melawan Guinea yang akan dimainkan pada awal Mei mendatang.

“Saya minta maaf karena sebenarnya saya tidak tahu mengenai partisipasi (timnas sepak bola) Indonesia di Olimpiade sebelumnya. Dan saya dengar terakhir kali bermain di Olimpiade adalah di Melbourne, 68 tahun yang lalu. Bagaimanapun, kali ini adalah saatnya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade,” kata Shin pada konferensi pers sebelum pertandingan semifinal seperti dipantau dari Jakarta.

Baca Juga :  Musprov IPSI ke III Digelar, Ketua Baru Diharapkan Bawa Masa Depan Gemilang

“Saya tidak memiliki tekanan, saya hanya menikmati momen ini bersama para pemain. Kali ini saya akan membuat tim Indonesia melaju ke panggung Olimpiade,” tegas pria asal Korea Selatan (Korsel) itu.

Perihal lawan Indonesia di semifinal, yakni Uzbekistan, Shin telah menyaksikan langsung pertandingan tim Asia Tengah itu saat menang 2-0 atas Arab Saudi pada Jumat (26/4) silam. Shin menilai salah satu kekuatan utama Uzbekistan adalah transisi cepat mereka.

“Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kemasukan gol sama sekali. Itu adalah hal krusial. Alasan utama adalah transisi mereka sangat cepat, dari menyerang ke bertahan dan dari bertahan ke menyerang. Mungkin itu faktor yang membuat Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat di kompetisi ini,” tutur mantan pelatih timnas Korsel itu.

Baca Juga :  KONI Kaltara Pastikan 6 Medali Emas di PON 2024

Shin sebelumnya pernah membawa timnas Indonesia U-20 menghadapi Uzbekistan pada pertandingan terakhir fase grup Piala Asia U-20 2023. Saat itu kedua tim bermain imbang tanpa gol, namun Uzbekistan yang berstatus sebagai tuan rumah tetap berhak melaju ke fase gugur, sedangkan Indonesia tersingkir.

Uzbekistan bahkan mampu melaju ke final dan menjadi juara Piala Asia U-20 untuk pertama kalinya tahun lalu.

Meski menelan pil pahit dari ajang tersebut, Shin yakin akan mampu mempersiapkan kekuatan terbaik skuadnya, dan mendapatkan hasil yang lebih baik pada pertandingan besok.

Baca Juga :  Guardiola Isyaratkan Bertahan Satu Musim Lagi Bersama Man City

“Secara pribadi sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah dari Uzbekistan meski Uzbek sangat bagus dengan anggota yang baik pula. Saya memiliki kenangan baik dan perasaan yang baik pula. Maka kami memerlukan perasaan yang bagus dan keberuntungan, saya juga akan memiliki persiapan yang bagus,” ujar Shin.

Pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan akan dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada pukul 21.00 WIB.

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2913 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *