Lebih dari 400 Truk Bantuan Kemanusiaan Masuk ke Gaza

Moskow – Koordinator Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT) Kementerian Pertahanan Israel mengatakan lebih dari 400 truk yang membawa bantuan kemanusiaan tiba di Jalur Gaza pada Senin (8/4).

“Sebanyak 419 truk bantuan kemanusiaan diperiksa dan dipindahkan ke Gaza hari ini (8/4). Ini adalah jumlah truk bantuan tertinggi yang masuk ke Gaza dalam satu hari sejak dimulainya perang. Jumlah ini mengikuti jumlah sebelumnya yaitu 322 truk yang diperiksa. dan difasilitasi kemarin,” kata COGAT seperti yang dilaporkan Sputnix, Selasa.

Baca Juga :  Helikopter Rombongan Presiden Iran Jatuh, Pencarian Masih Berlanjut

Menurut laporan Ketahanan Pangan Terpadu PBB Proyek Klasifikasi Fase, hanya 90 truk berisi bantuan kemanusiaan per hari yang bisa memasuki Jalur Gaza pada periode 7 Oktober 2023 hingga 24 Februari 2024.

Jumlah itu sangat jauh jika dibandingkan dengan rata-rata jumlah truk bantuan pra-eskalasi yang mencapai 500 truk sehari. Kendati demikian, berdasarkan laporan yang diterbitkan PBB pada 18 Maret lalu, kelaparan akan segera terjadi di Gaza utara dan bisa terjadi kapan saja dalam dua bulan ke depan.

Baca Juga :  Utusan Palestina untuk PBB Sambut Baik 3 Negara Eropa akui Palestina

Pada 7 Oktober 2023, gerakan Palestina Hamas melancarkan serangan roket skala besar terhadap Israel, melanggar perbatasan, dan menyerang lingkungan sipil dan pangkalan militer. Hampir 1.200 orang di Israel tewas dan sekitar 240 lainnya diculik dalam serangan itu.

Israel kemudian melancarkan serangan balasan dengan memerintahkan blokade total terhadap Gaza. Israel memulai serangan darat ke daerah kantong Palestina dengan tujuan untuk melenyapkan pejuang Hamas dan menyelamatkan para sandera. Hingga kini sudah lebih dari 33.100 orang terbunuh akibat serangan Israel di Jalur Gaza, menurut otoritas setempat.

Baca Juga :  Presiden Iran Dipastikan Meninggal Dunia Dalam Kecelakaan Helikopter

Sumber : Sputnik / antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2831 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *