Indonesia jadi Negara Paling Signifikan Alami Kenaikan Peringkat FIFA

Jakarta – Tim nasional Indonesia menjadi negara paling signifikan mengalami kenaikan di peringkat FIFA usai memperoleh kenaikan delapan peringkat.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Kamis, Indonesia menjadi negara dengan koleksi poin terbanyak dengan tambahan 30,04 poin hasil dari menyapu bersih kemenangan selama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tambahan poin tersebut membawa tim asuhan Shin Tae-yong melesat ke posisi 134 dengan koleksi 1102,7 poin. Peringkat ini menjadi peringkat terbaik selama tiga belas tahun terakhir yang diperoleh oleh skuad Merah Putih yang terakhir kali menempati peringkat 140 besar dunia pada 19 Oktober 2011.

Dengan bertengger di posisi 134 dunia, membuat Indonesia kini menyalip peringkat negara tetangga Malaysia yang turun ke peringkat-138. Skuad Garuda kini menempati peringkat ketiga di zona Asia Tenggara dan terpaut 62 poin dari Vietnam yang berada di peringkat ke-115 dunia. Sementara di zona ASEAN, masih dipimpin oleh Thailand yang kini menduduki peringkat ke-110 dunia dengan total 1208,93 poin.

Baca Juga :  Jepang dan Korea Selatan Lolos ke Perempat Final

Sementara itu terjadi pergeseran di posisi lima besar peringkat dunia. Inggris yang gagal memperoleh kemenangan selama jeda internasional turun satu peringkat ke posisi empat dengan memperoleh 1794,9 poin, digeser oleh Belgia yang kini menempati peringkat ketiga dengan koleksi 1795,23 poin.

Di puncak klasemen dunia, Argentina masih kokoh di puncak sejak menempati posisi tersebut pada April 2023. Tim Tango kini telah mengumpulkan total 1858 poin diikuti oleh jawara Piala Dunia 2018, Perancis yang menduduki peringkat kedua dengan mengumpulkan 1840,59 poin.

Baca Juga :  Atalanta ke Semifinal usai Singkirkan Liverpool dengan Agregat 3-1

Indonesia kembali berpeluang untuk terus melejitkan peringkat FIFA jika mampu mengamankan kemenangan pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung pada Juni mendatang.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dijadwalkan akan menjamu Irak pada 6 Juni, lalu akan berlanjut bertemu melawan Filipina pada 11 Juni.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *