Jay, Ragnar, dan Sananta Bawa Indonesia Berpesta 3-0 Lawan Vietnam

Dua pemain naturalisasi anyar Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen langsung memberikan efek instan pada untuk Garuda dengan asis dan golnya di babak pertama saat Indonesia unggul 2-0 atas Vietnam dalam laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa malam.

 

Thom melalui kaki kanan andalannya, memberikan asis pada gol bek Venezia yang tampil solid melawan Vietnam Kamis (21/3) lalu, Jay Idzes pada menit kesembilan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1940 votes

 

Sementara untuk Ragnar, akselerasinya pada menit ke-22 dengan melewati empat pemain Vietnam membuahkan gol kedua bagi Indonesia setelahh memeprdaya kiper Nguyen Filip dari sudut sempit.

Kemenangan Indonesia semakin lengkap setelah pemain pengganti Ramadhan Sananta mencatatkan namanya ke papan skor pada menit ke-90+8 untuk membuat dejavu kemenangan terakhir yang diciptakan Merah Putih 20 tahun lalu dengan skor yang sama di babak penyisihan grup Piala Tiger 2004 (Piala AFF).

Baca Juga :  PSSI Umumkan Skuad Final Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23

Pada laga ini, Indonesia mengawali 45 menit pertama dengan jauh berbeda dengan apa yang terjadi pada pekan lalu. Di depan puluhan ribu suporter Vietnam, anak-anak Garuda langsung mengambil inisiatif permainan dan serangan sejak awal dimana pada menit kedua sudah mengancam melalui kemelut di depan gawang Vietnam yang diawali sepaj pojok Thom.

Vietnam tak tinggal diam dimana tim berjuluk The Golden Stars itu melesatkan tembakan tepat sasaran pada menit keempat melalui Khuat Van Khang yang masih sigap diamankan Ernando Ari. Dua menit kemudian, Hokky Caraka membalas ancaman Vietnam dengan tembakan jarak jauhnya yang masih tepat di pelukan Nguyen Filip.

Setelah memulai laga dengan baik, buah manis didapatkan Indonesia ketika Jay Idzes menanduk bola hasil asis cantik dari Thom pada menit kesembilan untuk menempatkan namanya ke papan skor pertama kalinya berseragam Merah Putih. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Tertinggal satu gol, tim tuan rumah terhentak. Dua menti kemudian, Nguyen Tien Linh melakukan free header yang sayangnya masih mampu diamankan Ernando Ari.

Baca Juga :  AS Roma Curi Kemenangan Tipis dari Kandang AC Milan

Alih-alih mencari gol penyama kedudukan, publik tuan rumah terdiam kembali setelah Indonesia menggandakan keunggulan. Ragnar yang meliuk-liuk di sisi kanan pertahanan Vietnam melesatkan tendangan kaki kiri keras yang menaklukkan Nguyen Filip untuk kedua kalinya pada menit ke-22. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Di sisa babak pertama Vietnam semakin gencar melancarkan serangan, salah satunya melalui Nguyen Tien Linh yang terbebas pada menit ke-28. Sayangnya, lagi dan lagi tendangan striker bernomor punggung 22 itu masih tak mampu merobek jala Garuda setelah sepakannya tipis di sisi kiri gawang Ernando.

Keunggulan dua gol tanpa balas untuk keunggulan Garuda pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pelatih Shin Tae-yong menarik dua pemain Asnawi Mangkualam dan Hokyy Caraka dengan memasukkan dua pemain Yakob Sayuri dan kartu AS kemenangan pekan lalu, Egy Maulana Vikri untuk mempertahankan keunggulan dengan strategi menyerang mengincar serangan balik cepat.

Pada menit ke-55, di tengah permainan yang mulai dikuasai Vietnam, peluang dihasilkan Indonesia melalui umpan tarik Nathan Tjoe-A-On yang sayangnya tak ada striker yang menyambut.

Sepuluh menit kemudian, Ragnar memperoleh peluang melalui serangan balik. Pemain Fortuna Sittard itu mampu menarik perhatian dua bek Vietnam, tetapi sayangnya gagal memberikan bola kepada rekannya yang sudah terbebas di depan gawang.

Baca Juga :  Bayer Leverkusen Juarai Liga Jerman seusai Hancurkan Bremen 5-0

Ragnar kembali mendapatkan peluang pada menit ke-79, tetapi kali ini sayangnya tembakan kerasnya masih menyamping.

Di sisa waktu babak kedua, gencaran serangan Vietnam semakin tajam menghujani gawang Indonesia. Namun, buruknya finishing mereka dan kokohnya pertahanan Garuda masih membuat skor 2-0 tak berubah.

Justru, di tengah serangan Vietnam, Indonesia malah mempertegas kemenangan ini dengan gol menit akhir pada menit ke-90+8 setelah Ramadhan Sananta mencatatkan namanya ke papan skor.

Skor berubah menjadi 3-0 dan bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Indonesia atas Vietnam tahun ini sekaligus juga kemenangan kedua Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F.

Dengan kemenangan ini, Indonesia mengokohkan diri di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin, terpaut lima poin dari Irak yang mengoleksi poin sempurna, 12 poin.

Vietnam berada di posisi ketiga dengan tiga poin dan Filipina di posisi juru kunci dengan satu poin.

Dua laga tersisa putaran kedua, Indonesia akan bermain di kandang ketika menghadapi Irak dan Filipina pada bulan Juni mendatang.

Sumber  : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *