Presiden Swiss Ucapkan Selamat ke Prabowo Sebagai Presiden RI Terpilih

Jakarta – Presiden Swiss Viola Amherd mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang bersama Gibran Rakabuming Raka terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2024—2029 di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ucapan selamat itu disampaikan oleh Amherd dalam surat resmi kepresidenan yang diberikan oleh Duta Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder ke Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu (20/3).

“Atas nama Dewan Federal Swiss, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Ke-8 Republik Indonesia, dan saya mendoakan Anda berhasil memenuhi mandat yang penting itu. Saya juga mendoakan kesejahteraan dan kemakmuran untuk negara dan rakyat yang Anda pimpin,” kata Presiden Swiss ke Prabowo dalam suratnya itu.

Dalam surat yang sama, Amherd menyampaikan Indonesia dan Swiss telah menjalin hubungan diplomatik selama lebih dari 70 tahun.

“Dalam waktu lebih dari 50 tahun kita menjalin kerja sama bidang pembangunan, lebih dari 100 perusahaan Swiss berinvestasi cukup signifikan di Indonesia, ditambah dengan Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif EFTA (Asosiasi Pasar Bebas Eropa)-Indonesia yang saling menguntungkan. Tidak hanya itu, Indonesia dan Swiss juga menjalin kerja sama yang erat dalam lingkup ASEAN,” kata Presiden Swiss ke Prabowo.

Baca Juga :  KPU Yakin Hasil Pemilu 2024 tidak Akan Berubah

Oleh karena itu, dia berharap Prabowo sebagai calon presiden terpilih dapat melanjutkan hubungan erat itu, khususnya untuk membantu Indonesia mewujudkan visinya menjadi negara maju pada 2045.

Dia optimistis Indonesia juga tetap akan menghormati hukum internasional, prinsip-prinsip multilateralisme, dan nilai-nilai universal yang disepakati dalam Piagam PBB.

“Saya yakin hubungan erat dua negara dan ikatan persahabatan Indonesia dan Swiss akan terus kuat ke depannya,” kata Presiden Swiss ke Prabowo.

Prabowo, usai menerima surat itu, mengaku terhormat mendapatkan ucapan selamat dari Presiden Swiss. Dia menegaskan kemitraan Indonesia dan Swiss terus meningkat, terutama melalui kerja sama-kerja sama yang saling menguntungkan.

Baca Juga :  7 Calon Bupati dan Wakil Bupati Nunukan Mandaftar di Penjaringan PKS

“Kami berkomitmen untuk memperkuat dan memelihara persahabatan yang terjalin selama lebih dari 70 tahun untuk kesuksesan dua negara yang besar ini,” tutur Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. mendapatkan 27.040.878 suara. Adapun total surat suara sah sebanyak 164.227.475 suara.

Pasangan calon terpilih, Prabowo-Gibran, dijadwalkan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024–2029 pada 20 Oktober 2024.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *