Polda Kaltara Terima Kunjungan Tim Puslitbang Polri, Dukung Pemulihan dan Percepatan Ekonomi Nasional

Bulungan – Kepolisian Daerah Kalimantan Utara menerima menerima kunjungan kerja tim Penelitian Puslitbang Polri dalam Rangka melakukan Penelitian di wilayah Polda Kalimantan Utara dan Jajaran yang dilaksanakan di Ruang Kerja Kapolda Kaltara, Senin (18/03/2024).

Puslitbang Polri menggelar kegiatan penelitian bertajuk “Peran Polri dalam Mendukung Pemulihan dan Percepatan Ekonomi Nasional” di Polda Kalimantan Utara. Penelitian ini menjadi upaya konkret Polri dalam mengoptimalkan peranannya dalam memajukan ekonomi nasional, terutama di tengah tantangan ekonomi yang dihadapi negara akibat berbagai faktor, termasuk pasca pandemi global.

Tim peneliti dipimpin oleh Kombes Pol. Saefuddin Mohamad. S.I.K., (Ketua Tim), mengawali penelitian ini dengan mendalami berbagai aspek terkait peran Polri dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Dalam proses penelitian, Tim peneliti didampingi langsung oleh Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, yang memberikan dukungan langsung dalam pengumpulan data serta analisis yang akan dilakukan oleh tim.

Baca Juga :  Personel Dit. Lantas Polda Kaltara Melaksanakan Pengawalan Mudik Gratis

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol. Saefuddin Mohamad. S.I.K., menyampaikan pentingnya keterlibatan Polri dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pemulihan ekonomi nasional. “Sebagai institusi yang berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif sebagai modal dasar bagi perkembangan ekonomi,” ujar Kombes Pol. Saefuddin Mohamad. S.I.K.

Sementara itu, Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si menegaskan komitmen Polda Kalimantan Utara dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi khususnya di daerahnya. “Kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif bagi masyarakat Kalimantan Utara,” kata Kapolda Kaltara.

Baca Juga :  Tindaklanjuti Arahan Presiden, Kapolri Lepas Mudik Gratis Polri Presisi Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan mudik gratis Polri Presisi tahun 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024). Sebanyak 20 ribu pemudik tujuan empat provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur diberangkatkan dari Monas pada hari ini. Sigit menuturkan, program mudik gratis Polri Presisi merupakan tindaklanjut apa yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar pelaksanaan mudik pada tahun ini berjalan aman dan lancar. "Hari ini kami dari kepolisian dan dari kementerian atau lembaga yang lain pun melaksanakan hal yang sama, yaitu mudik gratis," kata Sigit. Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, pada tahun ini program mudik gratis Polri Presisi digelar di 17 provinsi secara bersamaan dengan jumlah penumpang mudik 58 ribu dan menggunakan kendaraan 1.117. Lebih lanjut, Sigit menuturkan, dirinya juga bersama Menteri Perhubungan (Menhub) dan Panglima TNI melakukan pengecekan terhadap keselamatan dan keamanan baik pengemudi maupun penumpangnya. "Jadi sebelum berangkat dilakukan pengecekan bebas narkoba, alkohol dan pemeriksaan kesehatan. Semua untuk memastikan pada saat membawa kendaraan semuanya dalam keadaan sehat. Tentunya rata-rata tadi kita menyapa pemudik semuanya berbahagia senang dan berharap mudik kali ini juga lancar dan cepat sampai tujuan masing-masing," ujar Sigit. Dalam hal ini, masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis Polri Presisi tahun 2024 telah mendaftar baik secara online maupun mendatangi langsung kantor Samsat. Sigit mengaku mendapatkan laporan bahwa, pendaftaran online mudik gratis ini langsung ludes ketika mulai dibuka. Hal itu lantaran tingginya animo masyarakat untuk ikut dalam program tersebut. Karena itu, Sigit menyatakan bakal melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk membahas penambahan kuota mudik gratis bagi masyarakat. "Mudah-mudahan kita akan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait. Mudah-mudahan masih ada slot. Karena kita lihat langsung penuh. Mudah-mudahan bisa ada penambahan, jadi kita harapkan semua bisa terlayani dengan baik, untuk mengurangi beban masyarakat, terutama yang ingin menggunakan kendaraan pribadi," tutup Sigit.

Melalui kegiatan penelitian ini, diharapkan akan ditemukan berbagai rekomendasi dan strategi yang dapat diterapkan oleh Polri ke depannya dalam meningkatkan peranannya dalam mendukung pemulihan dan percepatan ekonomi nasional. Dengan keterlibatan aktif Polri dan dibantu kerjasama lintas sektor, diharapkan ekonomi nasional dapat segera pulih dan berkembang secara berkelanjutan.(adv)

Postingan Lainnya

Berita Benuanta Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *