Cabor Paparkan Program Persiapan Menuju PON XXI Aceh-Sumut

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebanyak 18 cabang olahraga (cabor) melakukan pemaparan ke Tim Peningkatan Prestasi Atlet (P3A) untuk menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara.

Wakil Ketua II, KONI Kaltara, Widodo Dwi Santoso mengungkapkan, pihaknya sebagai fasilitator dalam paparan ke Tim P3A yang diikuti para pengurus cabor yang ada di Tarakan. Diketahui terdapat 26 cabang olahraga yang lolos ke PON, sementara sisanya yakni 8 cabor akan melakukan pemaparan di Tanjung Selor.

Pemaparan ini dilakukan sebelum sentralisasi atlet menuju PON XXI Aceh-Sumut. Tujuan, yakni menyesuaikan program latihan atlet dari pengurus masing-masing cabor. Rerata pada April mendatang, atlet Kaltara sudah mulai melakukan sentralisasi. Hasilnya dari paparan tersebut, masih terdapat beberapa bagian yang perlu disempurnakan.

Baca Juga :  Terumbu Karang di Kaltara Dinilai Potensial

“Terutama dalam persiapan tahapan-tahapannya. Karena masing-masing cabor spesifikasinya berbeda,” ungkapnya, Selasa (12/3/2024).

Adapun rata-rata kesiapan cabor berkenaan dengan fisik. Selanjutnya teknik, taktik dan mental atlet harus dipersiapkan agar dapat bertanding dengan baik.

Ia melanjutkan, setelah selesai pemaparan ke Tim P3A, pihaknya akan melakukan klasifikasi cabor yang masuk dalam kategori unggulan, harapan dan peluang guna menentukan peluang atlet untuk mendulang prestasi.

Baca Juga :  Sukses Bentuk DRPPA di Kaltara, DPPPA Raih Penilaian Sempurna dari Kementrian

“Dalam rangka mencapai target, minimal 7 medali emas di PON nanti. Sehingga bisa masuk dalam 12 ranking besar nasional,” tukas Widodo.

Jelang lima bulan keberangkatan PON, pihaknya akan betul-betul memastikan kesiapan dari program yang sudah diajukan cabor. Sekaligus evaluasi perkembangan latihan masing-masing atlet. Disinggung soal adanya pengurus cabor untuk melaksanakan uji coba di luar negeri, pihaknya masih akan menyesuaikan anggaran.

“Kita akan mengkaji kembali, peluang cabor dalam perebutan medali di PON nanti,” ucapnya.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

KONI Kaltara juga masih menunggu perubahan tahap kedua terkait penambahan atlet, nomor tanding dan cabor yang akan ikut serta pada PON XXI guna persiapan entry by name.

“Pelaksanaan PON nanti pada 8 September sampai 20 September 2024,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *