Hasil Musrenbang, Rata-rata Kepala Kampung Sampaikan Minta Pengaspalan Jalan

benuanta.co.id, BERAU – Selama masa 3 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Berau yakni Sri Juniarsih Mas dan Gamalis untuk warga di Bumi Batiwakkal, melalui agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun ini rata-rata kepala kampung mengeluhkan ingin ada kegiatan pengaspalan jalan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Berau Syarifatul Syadiah bahwa perbaikan infrastruktur jalan pun harus sesuai dengan RPJMD.

“Saya lihat rata-rata kepala kampung ingin ada peningkatan jalan dan kita juga ini harus kembali ke RPJMD,” ucapnya Selasa (20/2/2024).

“Karena peningkatan infrastruktur merupakan salah satu masuk realisasi 18 program prioritas bupati dan wakil bupati,” tambahnya kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Telaga Biru Kembali Dibuka untuk Umum

Karena itu, kata dia, selaku pejabat DPRD Berau memberikan masukan agar di penganggaran tahun 2025 usulan peningkatan jalan di masing-masing kampung harus segera terealisasi.

“Karena jalan merupakan akses yang bisa meningkatkan perekonomian apa lagi kita tahu ada di pihak sawit sebesar 38 miliar yang memang harus kita alokasikan untuk kepentingan yang ada kaitannya dengan sawit terutama dengan jalan-jalan itu,” tuturnya.

Sehingga pihaknya mohon kepada Pemkab Berau untuk prioritas di 2024 2025 nanti seluruh usulan dari kepala kampung terkait peningkatan jalan bisa direalisasikan.

Baca Juga :  DPRD Berau Gelar RDP Rencana Relokasi Pertambangan Pasir 

“Karena ini juga menjadi indikator dari ibu bupati dan pak Wabup sejauh mana nanti realisasi 18 program terserap,” bebernya.

Sebab pihaknya pun ingin jangan sampai ada program di luar 18 prioritas dan RPJMD itu justru menyerap menyedot banyak anggaran.

“Ingin kami sampaikan salah satu yang tidak masuk dalam 18 program ini adalah salah satunya adalah PJU di mana Di APT dulu Rp 20 miliar dan di 2024 ini Rp 50 miliar memang lampu jalan penting tapi jangan sampai mengalahkan prioritas yang lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Lahan Bermasalah, Gedung SD di Pulau Derawan Terancam Ditutup

Ia mencontohkan seperti peningkatan jalan yang merupakan akses penting untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat harus terus mendapat perhatian.

“Karena nanti di akhir masa jabatan ibu bupati dan Pak Wabup pasti ada LKPJ AMD yang akan diserahkan kepada kami sudah sejauh mana presentasi keberhasilan dari capaian, dari RPJMD ini akan menjadi catatan kami di DPRD,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *