Partisipasi Pemilih di Bulungan Ditarget 90 Persen pada Pemilu 2024 

Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani.

benuanta.co.id, Bulungan – Partisipasi masyarakat dalam memilih di Kabupaten Bulungan ditargetkan bisa mencapai angka nasional. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tingginya partisipasi pemilih di Bulungan adalah kesiapan dan kinerja penyelenggara pemilu, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani partisipasi pemilih ditargetkan meningkat karena peran dari penyelenggara di bawahnya, yang telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan data pemilih yang valid, penyediaan logistik yang memadai, pengawasan yang ketat, serta sosialisasi dan edukasi yang intensif kepada masyarakat.

Baca Juga :  Belum Dilantik Caleg DPR RI Terpilih Rahmawati Mulai Tepati Janji Politiknya 

“Target partisipasi pemilih kita pemilu 2024 sebesar 90 persen. Hal ini dilihat dari aktifnya pemilih melaporkan dirinya dan antusias masyarakat juga tinggi,” ujar Lili kepada benuanta.co.id pada Selasa, 15 Februari 2024.

Data yang dimiliki KPU Bulungan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 112.128 orang yang akan menggunakan hak suaranya pada pemilihan presiden, DPR, DPD, dan DPRD yang digelar pada Rabu, 14 Februari 2024.

Angka partisipasi pemilih di Bulungan ini meningkat dibandingkan dengan Pemilu 2019, yang hanya mencapai 82,5 persen. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Bulungan semakin sadar dan antusias terhadap proses demokrasi di Indonesia.

Baca Juga :  Demokrat Resmi Usung Pasangan SAH Maju Pilkada KTT 2024

“Tapi kita lihat di hari H semoga saja curah hujan tidak terlalu tinggi,” jelasnya.

Dari jumlah DPT yang ada, Lili menyebutkan untuk pemilih pemula atau yang memasuki usia 17 tahun telah banyak dilibatkan dalam praktek memilih. Sehingga dapat dipastikan sudah paham seperti apa mekanisme dan teknis dalam memilih.

“Ada pemilih pemula kita yang sudah masuk DPT tapi belum mempunyai KTP, dari sekitar 2.000 ada 400 orang yang belum ada KTP,” sebutnya.

Baca Juga :  30 Caleg Terpilih di Nunukan Telah Serahkan LHKPN ke KPU 

Dirinya berharap para pemilih pemula yang memasuki usia 17 tahun tepat tanggal pemilihan segera mengurus dan mencetak KTP. Hal ini supaya tidak kehilangan hak suaranya. (*) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor; Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2673 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *