KPU Bulungan akan Mendata Warga Tahanan Supaya Bisa Memilih

benuanta.co.id, BULUNGAN – KPU Bulungan mendata warga yang berstatus tahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) maupun di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) agar bisa ikut memilih pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Bulungan, Lili Suryani mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan khususnya di Rutan Polresta Bulungan.

“Dalam waktu dekat ini, sekitar tanggal 1 atau 2 Februari divisi data akan bergeser ke rutan untuk proses pendataan pindah pemilih bagi warga rutan yang terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap),” ucap Lili kepada benuanta.co.id, Senin, 29 Januari 2024.

Baca Juga :  Pleno Rekapitulasi Ditunda, KPU Tarakan Tunggu Instruksi KPU RI

Setelah data itu rampung, warga berstatus tahanan ini akan ditempatkan pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat dengan Polresta Bulungan. Kata dia, warga tahanan ini tentunya memiliki hak untuk memilih dan akan dikawal ketat oleh petugas kepolisian.

“TPS terdekat ini nantinya bergerak mobile untuk masuk ke rutan,” paparnya.

Terkait data berapa jumlah DPT yang berstatus tahanan, Lili belum mendapatkan data pasti. Pasalnya, saat didata pertama kali hingga penetapan, dipastikan ada orang yang belum bermasalah dengan hukum.

Baca Juga :  Terkait Potensi PSU di Sejumlah TPS, Ini kata Ketua KPU Nunukan

“Belum fix data terakhir, tanggal 1 Februari baru kia fixkan. Kalau ada akan kita data tapi kalau tidak ada, maka kita tidak masukkan,” terangnya.

Sama halnya ketika warga Bulungan yang sudah masuk DPT, tapi saat ini keberadaannya di dalam lapas sehingga warga binaan itu akan dialihkan ke TPS lokasi khusus.

“Nanti akan memilih di TPS khusus,” bebernya.

Baca Juga :  Rumah Sakit Abdul Rais Fattah Resmi Beroperasi

Selain rutan, Lili Suryani menyebutkan rumah sakit juga akan dilayani TPS mobile. Ini dikhususkan bagi pasien yang tidak sempat datang ke TPS karena dalam perawatan.

“Rumah sakit memakai TPS mobile juga, TPS yang dekat rumah sakit yang akan melakukannya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *