Bawaslu Ingatkan Panwascam Jaga Integritas dalam Bertugas

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Bawaslu Bulungan menggelar rapat koordinasi persiapan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilu tahun 2024.

Kegiatan yang berlangsung, selama tiga hari ke depan yang dihadiri oleh materi penyelengara pemilu, KPU dan Bawaslu.

Pimpinan Bawaslu Bulungan, divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H), Riswan dalam penyampaian mengungkapkan, rapat koordinasi ini begitu penting, sehingga ketua dan anggota Panwascam harus mengikutinya dengan serius.

“Momen ini, saya anggap dapat dilakukan sekali dalam satu tahun. Juga dalam rangka silaturahmi dan persiapan menuju pemilu tahun 2024,” ungkapnya, Senin (29/1/2024).

Baca Juga :  Pemungutan Suara Ulang 7 TPS, Ini Penjelasan KPU Kaltara

Kesiapan dalam rakor ini, berkaitan dengan sinkronisasi data laporan yang disampaikan oleh Pengawas Kelurahan Desa (PKD) ke Panwascam, dan seterusnya hingga ke kabupaten.

Dia menggarisbawahi, dalam rakor ini dihadiri oleh penyelenggara teknis yaitu KPU Bulungan. Sehingga, Panwascam mesti aktif untuk berdiskusi dengan tahapan yang dilaksanakan.

“Kami minta dengan hormat, kepada kita semua untuk memaksimalkan pengalihan pengetahuan dengan materi yang ada,” katanya.

Baca Juga :  PKS Nunukan Optimis Raih Kursi Ketua DPRD

Sebagai penutup dalam penyampaiannya, Riswan menegaskan kepada Panwascam untuk terus bangun koordinasi dengan stakeholder terkait, termasuk dengan PPK di tingkat Kecamatan. Sehingga, alur koordinasi dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, pimpinan Bawaslu Bulungan, divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Sri Wahyuni menambahkan, rakor ini  diharapkan Panwascam se-Kabupaten Bulungan dapat menerapkan ilmu yang disampaikan dengan optimal.

Baca Juga :  6 TPS Diusulkan Bawaslu Nunukan untuk Pemungutan Suara Ulang

“Tahapan semakin dekat, sampai hari ini tinggal 15 hari lagi menuju pencoblosan, oleh karena itu bapak ibu mesti mengikuti materi ini dari awal hingga selesai, sehingga bisa diaplikasikan di tingkat Kecamatan,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia mengingatkan kepada Panwascam untuk terus menjunjung tinggi integritas, professionalitas dalam menjalankan tugas pengawasan. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *