Bawaslu Ingatkan Panwascam Jaga Integritas dalam Bertugas

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Bawaslu Bulungan menggelar rapat koordinasi persiapan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilu tahun 2024.

Kegiatan yang berlangsung, selama tiga hari ke depan yang dihadiri oleh materi penyelengara pemilu, KPU dan Bawaslu.

Pimpinan Bawaslu Bulungan, divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H), Riswan dalam penyampaian mengungkapkan, rapat koordinasi ini begitu penting, sehingga ketua dan anggota Panwascam harus mengikutinya dengan serius.

“Momen ini, saya anggap dapat dilakukan sekali dalam satu tahun. Juga dalam rangka silaturahmi dan persiapan menuju pemilu tahun 2024,” ungkapnya, Senin (29/1/2024).

Baca Juga :  DPW PKS Kaltara Beri Dukungan ke Zainal-Ingkong untuk Menangkan Pilgub

Kesiapan dalam rakor ini, berkaitan dengan sinkronisasi data laporan yang disampaikan oleh Pengawas Kelurahan Desa (PKD) ke Panwascam, dan seterusnya hingga ke kabupaten.

Dia menggarisbawahi, dalam rakor ini dihadiri oleh penyelenggara teknis yaitu KPU Bulungan. Sehingga, Panwascam mesti aktif untuk berdiskusi dengan tahapan yang dilaksanakan.

“Kami minta dengan hormat, kepada kita semua untuk memaksimalkan pengalihan pengetahuan dengan materi yang ada,” katanya.

Baca Juga :  Bawaslu Berau Antisipasi Kerawanan Pilkada, Ini Masalah yang Diantisipasi

Sebagai penutup dalam penyampaiannya, Riswan menegaskan kepada Panwascam untuk terus bangun koordinasi dengan stakeholder terkait, termasuk dengan PPK di tingkat Kecamatan. Sehingga, alur koordinasi dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, pimpinan Bawaslu Bulungan, divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Sri Wahyuni menambahkan, rakor ini  diharapkan Panwascam se-Kabupaten Bulungan dapat menerapkan ilmu yang disampaikan dengan optimal.

“Tahapan semakin dekat, sampai hari ini tinggal 15 hari lagi menuju pencoblosan, oleh karena itu bapak ibu mesti mengikuti materi ini dari awal hingga selesai, sehingga bisa diaplikasikan di tingkat Kecamatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Demokrat Resmi Usung Pasangan SAH Maju Pilkada KTT 2024

Tak hanya itu, ia mengingatkan kepada Panwascam untuk terus menjunjung tinggi integritas, professionalitas dalam menjalankan tugas pengawasan. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2679 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *