Gol Tunggal Ake bawa City Singkirkan Tottenham dari Piala FA

Jakarta – Manchester City melaju ke putaran kelima Piala FA dengan cara dramatis, ketika gol tunggal Nathan Ake mengunci kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur bagi sang juara bertahan, pada Jumat setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Saat dunia sepak bola sedang dikejutkan oleh berita bahwa Juergen Klopp akan mengundurkan diri sebagai pelatih Liverpool pada akhir musim, klub yang mungkin mendapat paling banyak keuntungan dengan mundurnya Klopp akhirnya mendapatkan kemenangan perdana di Stadion Tottenham Hotspur.

Dari lima lawatan sebelumnya ke markas Spurs, City selalu pulang dengan kekalahan, tanpa mencetak gol sama sekali sejak stadion itu dibuka pada April 2019.

Namun bek Belanda Ake memastikan City meninggalkan London Utara dengan kemenangan ketika ia membukukan gol saat pertandingan putaran keempat Piala FA itu tinggal menyisakan dua menit.

City asuhan Pep Guardiola memenangi tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi, untuk menjaga kebangkitan mereka setelah menjalani periode pra-Natal yang buruk.

Baca Juga :  MU Segel Kemenangan atas Luton Town Berkat Dua Gol cepat Hojlund

Mereka tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Liga Inggris Liverpool meski masih mengantungi satu pertandingan yang belum dimainkan, dan City akan berharap dapat memaksimalkan situasi dengan pengumuman pengunduran diri Klopp.

Klopp dan Guardiola telah membangun rivalitas panas saat keduanya berkarier di Inggris, dengan situasi sang pelatih City lebih banyak memenangi trofi.

City memenangi tiga trofi utama pada musim lalu dan masih berpeluang untuk mempertahankan gelar Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

Dengan situasi bintangnya Erling Haaland harus menepi karena cedera, pasukan Guardiola sulit menembus pertahanan tuan rumah di London.

Oscar Bobb memberi umpan bagus kepada Phil Foden pada akhir babak pertama, namun tembakan sang penyerang melebar. Julian Alvarez terlihat akan mencetak gol saat ia menerima operan Bobb di area pertahanan Tottenham, namun Micky van de Ven menggunakan tubuhnya untuk membuat tembakan itu terdefleksi dan melebar.

Baca Juga :  Porto Taklukkan Arsenal 1-0 di Liga Champions

Brennan Johnson menghukum ketumpulan City ketika ia mengakselerasi operan Timo Werner, dengan tembakan yang memaksa kiper Stefan Ortega melakukan penyelamatan.

Guardiola memasukkan Kevin De Bruyne dan Jeremy Doku pada 25 menit terakhir laga, ketika dua pemain Belgia itu berusaha mengembalikan performa setelah pulih dari cedera.

City akhirnya cetak gol larut

De Bruyne menjadi pemain pengganti untuk ketiga kalinya sejak pulih dari cedera otot paha belakang, yang dideritanya pada laga pertama musim ini.

Gelandang Tottenham James Maddison masuk sebagai pemain pengganti untuk mencatatkan penampilan perdananya sejak mengalami cedera pergelangan kaki pada November.

Tembakan Bernardo Silva dapat ditahan kiper Guglielmo Vicario sebelum De Bruyne melepaskan tembakan melebar setelah Pierre-Emile Hojbjerg kehilangan bola.

Namun tekanan City akhirnya menuai hasilnya pada menit ke-88, saat Vicario yang berada di bawah tekanan Ruben Dias, gagal menangkap bola tendangan sudut De Bruyne. Ake menyambar bola dan kemudian memasukkannya dari jarak dekat, gol itu tetap disahkan wasit setelah mengalami tinjauan VAR.

Baca Juga :  Napoli Pecat Walter Mazzari Meski Baru Melatih Tiga Bulan

Pada pertandingan putaran keempat lainnya yang dimainkan pada Jumat, Chelsea bermain imbang 0-0 dengan Aston Villa di Stamford Bridge.

Chelsea mencetak enam gol pada pertandingan mereka sebelumnya, saat menaklukkan Middlesbrough untuk mencapai final Piala Liga. Namun pasukan Mauricio Pochettino mendapati Villa merupakan lawan yang lebih tangguh, ketika kedua tim mencatatkan 23 tembakan namun tidak satu pun berbuah gol.

Nottingham Forest bermain imbang 0-0 dengan tim divisi bawah Bristol City di AShron Gate.

hasil-hasil pertandingan putaran keempat Piala FA:

Bristol City 0 Nottingham Forest 0

Chelsea 0 Aston Villa 0

Sheffield Wednesday 1 (Djeldi Gassama 84’) Coventry City 1 (Victor Torp 45’)

Tottenham Hotspur 0 Manchester City 1 (Nathan Ake 88’)

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *