Tajikistan ke Babak 16 Besar, Qatar Tutup Babak Grup dengan Sempurna

Jakarta – Tim debutan Tajikistan resmi melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar setelah meraih kemenangan dramatis 2-1 melawan Lebanon pada partai penutup Grup A di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Senin, demikian catatan AFC.

Pada laga itu, Tajikistan tertinggal terlebih dahulu melalui gol Bassel Jradi pada menit ke-47. Namun, setelah itu, pertahanan Lebanon terus digempur setelah mereka bermain dengan 10 pemain akibat Kassem El Zein mendapatkan kartu merah pada menit ke-55.

Baca Juga :  Trigol Dybala Menangkan AS Roma, Fiorentina Tekuk Lazio

Unggul dalam jumlah pemain lalu dimanfaatkan dengan baik oleh Tajikistan. Tim asuhan Peter Segrt itu kemudian membalikkan keadaan melalui dua gol di menit akhir.

Parvizdzhon Umarbaev menjadi inspirator ketika tendangan bebasnya pada menit ke-80 tak sanggup diamankan oleh kiper Lebanon Mostafa Matar. Berhasil menyamakan kedudukan kemudian membuat Tajikistan kian percaya diri untuk menutup laga dengan kemenangan.

Puncaknya, pemain pengganti Nuriddin Khamrokulov menjadi penentu kemenangan Tajiskistan setelah tandukannya yang memanfaatkan umpan Ekhson Pandzhshanbe pada menit ke-90+2 membuat Mostafa Matar memungut bola untuk kedua kalinya.

Baca Juga :  Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen Setelah Tekuk Sevilla 1-0

Sementara itu, sang juara bertahan Qatar yang telah memastikan satu tempat di babak 16 besar pada laga kedua mereka minggu lalu, menutup babak penyisihan grup dengan laju sempurna setelah mengalahkan China dengan skor tipis 1-0 di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Qatar, Senin. Hassan Al-Haydos yang mencetak gol spektakuler pada menit ke-66 pada laga ini menjadi aktor kemenangan bagi tim tuan rumah.

Baca Juga :  Lima Gol Erling Haaland Warnai Kemenangan City atas Luton Town

Kekalahan ini membuat China menyelesaikan babak grup Piala Asia 2023 dengan berada di posisi ketiga klasemen dengan 2 poin dan harus menunggu hasil tim dari grup lain untuk menentukan nasib dapat lolos ke babak 16 besar sebagai empat tim sebagai peringkat ketiga terbaik.

Klasemen akhir Grup A Piala Asia 2023 Qatar:

No Negara Main Menang Seri Kalah Poin Gol Kemasukan Selisih Gol
1 Qatar 3 3 0 0 9 5 0 5
2 Tajiskistan 3 1 1 1 4 2 2 0
3 China 3 0 2 1 2 0 1 -1
4 Lebanon 0 1 2 1 1 1 5 -4

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *