Waspada! Hujan Lebat Bakal Guyur Berau Beberapa Hari ke Depan

benuanta.co.id, BERAU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat dan pihak terkait untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca buruk di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Potensi cuaca buruk tersebut berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sepanjang waktu pagi hingga malam hari.

Hujan lebat ini berpotensi terjadi di wilayah Tanjung Redeb, Sambaliung, Gunung Tabur, Teluk Bayur, Batu Putih, Bidukbiduk, Talisayan, Biatan, Tabalar, Maratua, Pulau Derawan, Kelay, dan Segah.

Baca Juga :  Civitas UMB Bertemu Muspika dan Pihak Perusahaan Tambang

Menurut Kepala BMKG Berau, Ade Heryadi, potensi cuaca buruk tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.

“Hasil pengamatan dalam satu minggu terakhir ini tercatat curah hujan mencapai 18.8 mm dan hari hujan tercatat 4 hari ke depan,” ucapnya Senin (8/1/2024).

Tak hanya itu, kecepatan angin tertinggi tercatat mencapai 15 km/jam, suhu maksimum tercatat 33.6°C dan suhu minimum 24°C.

Baca Juga :  Transit Tanjung Batu Menuju Derawan Harus Ada Rest Area Wisatawan

“Untuk jarak pandang atau visibility antara 0.5-10 kilometer,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau untuk masyarakat yang tinggal di daerah dengan topografi curam atau berbukit serta masyarakat yang tinggal di bantaran sungai diharapkan lebih waspada.

“Terhadap kemungkinan dampak cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, longsor, kondisi jalan yang licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang,” ujarnya.

Untuk memantau perkembangan cuaca, masyarakat diimbau untuk selalu memantau informasi dari BMKG melalui aplikasi InfoBMKG yang tersedia di Playstore.

Baca Juga :  TPI Tanjung Batu Bisa Tampung 3 Ribu Nelayan

“Hal ini untuk turut mengamati sebaran awan dari citra satelit, radar cuaca, dan informasi cuaca maritim untuk pelayaran. Terutama peringatan dini dua hingga tiga jam ke depan yang akan disampaikan melalui media sosial @bmkgberau dan WhatsApp di nomor 085248758682,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *