Pj Gubernur Kaltim Minta Pemkab Berau Segera Bentuk Perda PBG

benuanta.co.id, BERAU – Proses perizinan persetujuan bangunan gedung (PBG) yang berlaku saat ini pasca dihapusnya izin mendirikan bangunan (IMB), dikeluhkan banyak pihak. Termasuk para developer perumahan.

Menurut Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik kesulitan perizinan itu hanya dapat diatasi melalui pembentukan peraturan daerah (perda) PBG.

Karena itu, dirinya meminta Bupati Berau untuk melakukan konsinyering demi terbentuknya perda tersebut.

“Memang kuncinya kita mesti membuat perdanya. Jadi, saya minta Bupati Berau untuk melakukan konsinyering demi pembuatan perda untuk memudahkan perizinan,” ucapnya Rabu (20/12/2023).

Baca Juga :  Gedung Baru RSUD Abdul Rivai Ditargetkan Rampung Juni Mendatang

Tujuan pembuatan perda tersebut, sambung Akmal Malik, yakni agar perizinan PBG tidak lagi menjadi bumerang bagi masuknya investasi ke Berau, termasuk investasi perumahan.

“Karena itu, perda tersebut mesti ada agar dapat menarik investasi. Jadi, salah satu penyelesaian masalah PBG ini yakni dengan adanya perda,” ungkapnya.

Diakuinya, kesulitan perizinan PBG yang dikeluhkan para developer perumahan tersebut, tidak hanya dialami oleh para pengusaha di Berau.

Baca Juga :  Pembangunan Sarana Air Minum Senilai Rp 66 Miliar Sasar 14 Kampung di Berau

Ia mencontohkan beberapa provinsi lainnya di Indonesia juga mengalami hal yang sama, termasuk DKI Jakarta.

“Kemarin saya pernah menghadiri pertemuan Himpunan Pengusaha Perumahan di Jakarta. Kendalanya juga sama. Makanya kita bersepakat melakukan konsinyering terkait itu,” ujarnya.

Selain itu, permasalahan perizinan tiap daerah memang berbeda-beda dan yang dialami pengusaha di Jakarta tidak sama dengan yang dialami para pengusaha di Kaltim.

Baca Juga :  Ketua KPU Berau Imbau Pilih Informasi Perhitungan Suara di Website Resmi

“Itulah kenapa salah satu penyelesaiannya yakni melalui perda. Kuncinya seberapa hebat mereka yang membuat perda itu. Siapa yang buat perda? Ya, pemerintah daerah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *