Menhan Serahkan Lima Unit NC-212i Buatan PT DI ke TNI AU

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan lima unit pesawat NC-212i buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) ke TNI Angkatan Udara di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa.

Kelima pesawat itu merupakan bagian dari sembilan pesawat NC-212i yang dipesan Kementerian Pertahanan di PT DI untuk TNI AU. Tiga pesawat lainnya dijadwalkan rampung pada tahun 2024, sementara satu unit pesawat sisanya pada tahun 2025.

“Kami bangga karena pesawat ini adalah produk dari industri pertahanan kita dan memang sudah lama pesawat ini digunakan di negara kita, mungkin ini produk pertama dari PT DI, saya kira,” kata Prabowo dalam sambutannya saat acara serah terima di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa.

Baca Juga :  Kemendagri Komitmen Tingkatkan Kompetensi Damkar se-Indonesia

Dia mengatakan pesawat NC-212i yang diserahkan untuk TNI AU, Selasa, memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya pesawat itu dapat mendarat di landasan rumput dan landasan pasir.

“Tadi, dilaporkan sudah ada (perangkat) autopilotglass-cockpitavionics sudah bagus, sudah terbaru, propeller sudah composite, lebih ringan. Jadi, pesawat ini bisa mendarat di lapangan rumput dan lapangan pasir dan cukup (landasan) 600 meter. Jadi, (pesawat mampu) masuk di tempat-tempat sulit dan fungsinya banyak,” jelas Prabowo saat jumpa pers usai acara serah terima.

Baca Juga :  Presiden Sebut Perencanaan Upacara 17 Agustus di IKN Sudah Detail

Dia melanjutkan sejauh ini tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam produksi pesawat NC-212i buatan PT DI sebesar 40 persen.

Pesawat angkut ringan serbaguna itu tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk latihan dan pengangkut pasukan, tetapi juga evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara.

Pesawat NC-212i, yang nantinya memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, dapat mengangkut 28 penumpang dan memuat beban (payload) sampai tiga ton.

Baca Juga :  Kemenag Persiapkan KUA Bisa Layani Umat Semua Agama

Pesawat itu juga dilengkapi dengan ramp door untuk mempermudah loading/unloading muatan.

“Terima kasih kepada PT DI. Tingkatkan selalu kemampuan Anda. Punya tekad yang besar untuk menguasai teknologi demi kemerdekaan bangsa ini. Lakukan segala upaya untuk meningkatkan kemampuan anak-anak kita menguasai teknologi canggih,” kata Prabowo kepada Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *