UPTD Pengawasan dan Konservasi Kaltara Tahun Depan ke Nunukan Tangani Persoalan Rumput Laut

benuanta.co.id, NUNUKAN – Polemik pondasi rumput laut (Rula) yang menutup alur pelayaran, Dinas Perikanan Nunukan harap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengawasan dan Konservasi Kaltara segara hadir di Nunukan.

Kepala Dinas Perikanan Nunukan, Suhadi mengatakan sejatinya terkait zonasi alur pelayaran telah di atur berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltara Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau- pulau Kecil (RZWP3K) tahun 2018.

“Kemudian menyangkut kewenangan, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 itu dari 0 hingga 12 mil merupakan kewenangan Provinsi begitu juga dalam hal tanggung jawab dan pengawasannya,” kata Suhadi Kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Sudah Jadi Tradisi, Menggelar Tulak Bala Khas Tidung Setiap Bulan Safar

Sehingga, kata Suhadi, menyoal pondasi rumput laut yang menutup zonasi alur pelayaran merupakan tanggung jawab dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltara untuk melakukan pengawasan.

Namun, yang menjadi persoalan saat ini ialah belum ada UPTD Pengawasan dan konservasi di wilayah Kabupaten Nunukan. Sehingga pengawasan yang selama ini dilakukan oleh DKP Kaltara dianggap belum terlalu efektif, hal ini dibuktikan dengan makin maraknya pondasi rumput laut yang masuk ke dalam zonasi alur pelayaran.

Baca Juga :  Belum Masuk Masa kampanye, Bawaslu Nunukan Tetap Lakukan Monitoring

“Ini yang terus kita dorong, informasinya Insyaallah tahun depan UPTD akan segara ada di Nunukan,” ungkapnya.

Dikatakannya, nantinya dengan hadirnya UPTD di Nunukan, maka pengawasan terhadap zonasi alur pelayaran lebih efektif.

“Tentunya kan kalau sudah ada UPTD bisa segera di operasikan, sehingga bisa lebih dekat dengan masyarakat khususnya dengan para pembudidaya rumput laut sehingga pengawasannya bisa secara langsung,” jelasnya.

Sehingga, Suhadi berharap, dengan kehadirannya UPTD di Nunukan, persoalan pondasi rumput laut di Nunukan dapat diselesaikan dan memperketat pengawasannya.

Baca Juga :  1.122 Formasi PPPK Dibuka di Nunukan 

“Kalau kita sebagai Pemerintah Kabupaten Nunukan hanya bisa mendorong UPTD ini bisa segera ada di Nunukan, karena persoalan ini merupakan kewenangan dari provinsi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *