Bappeda-Litbang Kaltara Gelar Rapat Finalisasi Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Tematik

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Berpedoman pada Permenpan RB No. 9 Tahun 2023 tentang Evaluasi Reformasi dan Permenpan RB dan Permenpan RB nomor 3 Tahun 2023 tentang perubahan atas Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, bahwa pada perubahan roadmap RB 2020-2024 terdapat perubahan fokus pada pelaksanaan RB 2020-2024 yaitu fokus penyelesaian isu hulu (RB General) dan fokus penyelesaian isu hilir (RB Tematik).

Adapun 4 tema yang menjadi fokus RB Tematik, yaitu Pengentasan Kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi Pemerintahan dan Percepatan prioritas Aktual Presiden. Dalam rangka pemantapan dan finalisasi penyusunan dan pelaporan rencana aksi RB Tematik Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dilaksanakan Rapat Finalisasi Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Tematik oleh Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kaltara, yang dipimpin Analis SDM Aparatur Ahli Muda Biro Organisasi, Sitti Nasirah.

Baca Juga :  Hilirisasi SDA dan SDM Dianggap Mampu Intervensi Stunting

Pelaksana Tugas (plt) Bappeda-Litbang Provinsi Kaltara, Bertius mengatakan kedudukan Bappeda dan Litbang sebagai koordinator dalam rangka pelaksanaan RB Tematik Pengentasan Kemiskinan Provinsi Kaltara, hal ini juga berkorelasi dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang sekretariatnya berkedudukan di Bappeda dan Litbang.

“Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pembahasan rapat finalisasi RB Tematik khusus tema pengentasan kemiskinan,” ucapnya, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga :  Hilirisasi SDA dan SDM Dianggap Mampu Intervensi Stunting

Lanjut kata Bertius, bahwa perlu ada beberapa perbaikan rumusan permasalahan dan Sasaran dalam strategi pengentasan kemiskinan sesuai dengan dokumen RPKD 2021-2026, RKPD dan dokumen perencanaan kinerja perangkat daerah, Kemudian target angka kemiskinan perlu di bahas kembali secara internal berdasarkan target RKPD. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *