Asprov PSSI Kaltara Tetapkan Enam Klub Berlaga di Liga 3

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Kalimantan Utara (Kaltara) sukses menggelar Kongres Biasa pada Sabtu 11 November 2023. Kongres yang digelar di Hotel Pangeran Khar itu menghasilkan beberapa agenda besar yang akan dijalankan pada 2023 dan 2024 akan datang.

Agenda yang dibahas pada pada Kongres Biasa tersebut, di antaranya pengesahan program PSSI yang akan dijalankan pada tahun 2024, penerimaan calon anggota PSSI 2023, dan pengesahan peserta Liga 3 Kaltara.

Diterangkan Sekretaris Umum Asprov Kaltara, Hamdani terkait bergulirnya Liga 3 Kaltara pihaknya sudah menetapkan Tanjung Selor sebagai tuan rumah pegelaran tersebut. Stadion Andi Tjatjok dipilih sebagai tempat bergulirnya Liga 3 Kaltara.

“Kami akan koordinasi dulu dengan pihak kepolisian, karena terkait minggu tenang pemilihan presiden. Apakah kitab oleh melaksanakan di minggu tersebut apa tidak. Secepatnya akan kami informasikan kepada klub-klub peserta tersebut,” terangnya pada Sabtu, 11 November 2023.

Baca Juga :  Atlet Possi Kaltara Jalani TC Sentralisasi, Ditangani Langsung oleh Pelatih TNI AU

Asprov Kaltara juga telah menetapkan enam klub akan saling berhadapan di Liga 3 Kaltara, di antaranya empat klub lama dan dua klub baru. Empat klub lama itu yakni, Persibul Bulungan, Persemal Malinau, PSTK Tarakan, dan PSN Nunukan. Sementara untuk dua klub baru, yakni Kaltara FC dan Upun Taka FC.

“Skemanya nanti kemungkinan kita akan kompetisi penuh satu putaran. Mungkin 10 harian sudah selesai, InsyaAllah sebelum Natal 2023 ini kita harapkan 3 atau 4 hari sebelum natal itu sudah kelar,” ujarnya.

Sebelum dimulainya Liga 3, Asprov Kaltara akan mengawal regulasi yang telah ditetapkan PSSI terkait ketetapan yang harus dipenuhi masing-masing klub. Salah satunya terkait usia pemain senior yang boleh dimainkan dan jumlah pemain yang didaftarkan ke PSSI.

Baca Juga :  Atlet Possi Kaltara Jalani TC Sentralisasi, Ditangani Langsung oleh Pelatih TNI AU

“Pemain senior itu sekitar 7 orang, tapi yang boleh main di lapangan itu 5 orang. Pemain lainnya itu kelahiran 2001 sampai 2005,” terangnya.

Dalam waktu dekat ini Asprov Kaltara akan menyiapkan berbagai regulasi pertandingan yang akan dijalankan dalam putaran Liga 3 Kaltara, mendatang. Ia juga berharap bagi klub peserta yang akan mengikuti Liga 3, harus memenuhi persyaratan lainnya seperti legalitas serta aturan lainnya.

Sementara itu, CEO Kaltara FC, Razfidandi Wiraguna mengungkapkan timnya saat ini dalam tahap persiapan matang. Meski terhitung sebagai klub baru di Kaltara, ia yakin Kaltara FC dapat bersaing dengan tim lainnya yang juga melakukan persiapan mengikuti Liga 3.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala hingga dimulainya Liga 3. Pemain kita rutin melakukan latihan pagi dan sore, jadi bisa dikatakan anak – anak juga sudah siap berlaga nantinya,” terangnya.

Baca Juga :  Atlet Possi Kaltara Jalani TC Sentralisasi, Ditangani Langsung oleh Pelatih TNI AU

Kaltara FC juga merekrut bakat – bakat muda yang memiliki potensi mengolah sikulit bundar. Kini, Kaltara FC merekrut 10 pemain eks Pra PON Kaltara untuk diikut sertakan dalam Liga 3 ke depannya. 10 pemain tersebut merupakan hasil penilaian pelatih saat melakukan uji coba, beberapa waktu lalu.

“Sekarang 10 anak Kaltara sudah membaur di klub kita, saya harapkan mereka bisa dengan cepat menyesuaikan porsi latihan yang biasa dilakukan para pelatih terhadap pemain – pemain Kaltara FC. Intinya kita buat yang terbaik untuk Kaltara, salah satunya melalui klub bola ini,” harapnya. (*)

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2631 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *