Polresta Bulungan Rilis Pelaku Pembakaran Lahan

Bulungan – Kasi Humas Polresta Bulungan didampingi Kabag Ops Polresta Bulungan dan Kasat Reskrim Polresta Bulungan melaksanakan Kegiatan Press Release Dugaan Tindak Pidana Setiap orang yang melakukan pembakaran lahan Sub Barang siapa karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran yang dilaksanakan di Mapolresta Bulungan, Selasa (08/08).

Tindak Pidana Karhutla tersebut diduga dilakukan oleh Pelaku berinisial Saudara N untuk membersihkan lahan dengan instan/cepat dan kebakaran lahan ini sendiri terjadi di Lahan di KM 6 (dekat jalan poros Bulungan-Berau) Desa Jelarai Selor Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

Baca Juga :  Kapolda Kaltara Rilis Pengungkapan dan Musnahkan Narkotika 20 Kg

Kasat Reskrim menyampaikan kronologis kejadian tersebut diantaranya “Pada hari Senin, 31 Juli 2023 sekitar jam 13.00 wita tim mendapatkan informasi adanya kebakaran lahan yang terjadi di Lahan Km 6 (dekat jalan poros Bulungan-Berau) Desa Jelarai Selor Kec. Tg. Selor Kab. Bulungan pada koordinat 2.77014, 117.43589 dengan estimasi luas lahan yang terbakar sekitar ±20 Ha, kemudian tim bersama instansi terkait (BPBD dan TNI) mendatangi TKP serta melakukan pemadaman api hingga sekitar jam 20.00 Wita Api berhasil dipadamkan” ujarnya.

Baca Juga :  Jumat Curhat, Dirbinmas Polda Kaltara Dengar Keluhan Masyarakat

Setelah tim mendapat informasi orang yang melakukan pembakaran lahan, sehingga tim mencari kebenaran informasi tersebut dan benar bahwa Saudara N melakukan pembakaran yang dikuatkan oleh keterangan para saksi serta bukti petunjuk, setelah itu tim melakukan tindakan Kepolisian berupa penangkapan terhadap Saudara N.

Dari hasil gelar perkara, kami tetapkan pelaku tersebut sebagai tersangka berdasarkan alat bukti permulaan yang cukup, dengan Pasal 108 UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup  Pasal 188 KUHPidana yaitu pidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana kurungan paling lama 1 tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Baca Juga :  Polda Kaltara Laksanakan Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II

“Kami sekali lagi menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Bulungan, agar tidak melakukan kegiatan membuka hutan dan lahan untuk areal perkebunan dengan cara membakar,” ujarnya.(adv)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *