11 OPD di Pemkab Nunukan Belum Input SIPD P3DN

benuanta.co.id, NUNUKAN – Sebanyak 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan belum melakukan input Sistem Informasi Pemerintah Daerah – Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (SIPD P3DN). Menanggapi hal itu, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid meminta agar segera dituntaskan.

Hal itu diungkapkan Laura, dalam Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (RAKORDAL) Semester I Tahun Anggaran 2023 di Kantor Bupati Nunukan.

“Ada 11 OPD yang belum melakukan input SIPD P3DN, yang belum agar segera selesaikan,” kata Laura, Jumat (28/7/2023)

Baca Juga :  Sola BBM Asal Malaysia, Kuota untuk Nunukan Masih Mencukupi

Laura menjelaskan, sebelas OPD yang belum melakukan input SIPD P3DN adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Badan Pengelola Perbatasan, Dinas Kependudukan dan Capil, Dinas Pemadam Kebakaran, RSUD, Sekretariat DPRD, Satpol PP, dan Dinas Pendidikan.

SIPD P3DN adalah sistem aplikasi yang mengharuskan pemerintah daerah memprioritaskan penggunaan produk-produk dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga :  Pangkogabwilhan II Datangi Sebatik, Ini Tujuannya

Dia menegaskan, kepada OPD yang realisasi penyerapan keuangannya masih di bawah 50 persen agar segera menggenjot kinerjanya. Dari 50 OPD, hanya ada 11 OPD yang memiliki realisasi fisik di atas 50 persen, 17 OPD realisasi fisiknya antara 30 hingga 50 persen, dan 22 OPD realisasi fisiknya di bawah 30 persen.

“Lakukan koordinasi secara berjenjang, supaya bisa segera diidentifikasi, apakah karena perencanaan yang kurang baik atau target yang berlebihan, atau karebna ada kendala teknis yang lain,” jelasnya.

Baca Juga :  Dilanda Banjir Bandang, Jalan dan Jembatan di Krayan Amblas Lagi  

Bupati juga mengingatkan seluruh OPD agar  penyusunan program kegiatanya itu bisa mengintervensi penurunan angka kemiskinan ekstrem dan stunting yang sampai saat ini masih cukup tinggi. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2592 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *