Masuk Secara Ilegal, 25 Orang Diamankan Imigrasi Nunukan

benuanta.co.id, Nunukan – Sebanyak 25 orang diduga terlibat dalam praktik perdagangan orang di wilayah Sebatik, Kabupaten Nunukan. Kini pihak-pihak yang terlibat itu telah diamankan Imigrasi Nunukan pada Senin (10/7/2023).

Kepala Kantor Imigrasi Kelasl 2 TPI Nunukan, Ryan Aditya mengatakan saat melakukan operasi gabungan bersama dengan Satgas Pamtas RI – Malaysia, Badan Intelijen Strategis (BAIS) dan Badan Intelijen Negara (BIN) berhasil mengamankan sebanyak 25 orang.

Kegiata itu, sebagai tanggapan atas meningkatnya kekhawatiran terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Pulau Sebatik. Melalui kerjasama yang erat antara Imigrasi dan unsur terkait, berhasil dilakukan pemeriksaan dan pengawasan yang intensif terhadap aktivitas-aktivitas yang mencurigakan.

Baca Juga :  BP2MI Minta Negara Bangun Sekolah di Perbatasan

“25 orang ini kami amankan termasuk motoris speedboat dan korban TPPO di beberapa titik di Pulau Sebatik dengan termasuk 2 orang diduga warganegara Malaysia,” kata Ryan Aditya, Selasa (11/7/2023).

25 orang ini terdiri dari 2 orang WNA asal Malaysia dan termasuk ada diduga 2 WNA, 5 orang diduga WNI, serta 16 orang WNI termasuk dua orang motoris yang diamankan oleh Tim Operasi Gabungan Pencegahan TPPO dan Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural dan Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural terdiri dari 7 anak anak, 10 Laki Laki, dan 8 wanita.

Baca Juga :  Aduh! Demi Judi Slot dan Bayar Utang Pengepul Rumput Laut Tilap Uang Rp 10 Juta

Hingga saat ini, 25 orang tersebut dilakukan pemeriksaan mendalam untuk mendapatkan informasi terkait tujuan mereka melakukan kegiatan tersebut.

“Apa yang kami lakukan ini, sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku sesuai dengan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” jelasnya.

Kata Ryan Aditya, Imigrasi beserta unsur terkait akan selalu melakukan upaya-upaya yang akan dilakukan ke depan untuk memperketat pengawasan di perbatasan dan mencegah tindakan kejahatan. (*)

Baca Juga :  Stok Darah B, O dan AB di PMI Nunukan Menipis

Reporter: Darmawan

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1906 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *