Kalahkan Kroasia Lewat Adu Penalti, Spanyol Juara UEFA Nations League

Jakarta – Spanyol keluar sebagai juara UEFA Nations League 2023 setelah mengalahkan Kroasia melalui adu penalti dengan skor 5-4 dalam partai final yang digelar di Stadion Feyenoord, Rotterdam, Senin dini hari WIB.

Tendangan penalti Dani Carvajal menjadi penentu kemenangan La Furia Roja setelah kedua tim bermain imbang 0-0 hingga waktu penuh dan ekstra time 2×15 menit berakhir.

Trofi ini merupakan yang pertama bagi timnas Spanyol sejak mereka memenangkan piala Eropa (Euro) 2012. Spanyol hanya menjadi runner-up di UEFA Nations League 2021 setelah dikalahkan Prancis.

Spanyol dan Kroasia memulai pertandingan dengan hati-hati. Menurut
catatan laman resmi UEFA, peluang pertama baru tercipta pada menit ke-10. Fabian Ruiz mengirim umpan silang ke dekat tiang, bola gagal ditangkap kiper Kroasia Dominik Livakovic. Alvaro Morata menyambar bola dari jarak dekat, tetapi bendera offside buru-buru diangkat hakim garis.

Baca Juga :  Inter Perbesar Keunggulan di Pucuk Klasemen Menjadi Sepuluh Poin

Dua menit berselang, Spanyol kembali mengancam. Gavi merebut bola dari Mateo Borozovic lalu menggiring bola sampai tepi kotak penalti sebelum dia melepaskan sepakan kaki kanan yang hanya melenceng tipis dari gawang Livakovic.

Pada menit ke-30, tendangan bebas Luka Modric ditanduk Ivan Perisic. Unai Simon berhasil menggagalkan peluang itu. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Spanyol bermain lebih agresif di babak kedua, tetapi Kroasia masih bisa mengimbanginya.

Pada menit ke-56 Spanyol mendapat peluang. Alba mengirim umpan silang dari kiri dan disundul Asensio dengan bebas. Sayangnya bola masih melambung tipis di atas gawang Kroasia.

Empat menit kemudian, Kroasia mendapatkan peluang. Pasalic menanduk bola umpan silang dari sayap kiri dari Perisic, tetapi bola sundulannya masih melebar dari target.

Baca Juga :  MU Segel Kemenangan atas Luton Town Berkat Dua Gol cepat Hojlund

Pertandingan kemudian berlangsung alot. Kedua tim kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing dan bola lebih sering berada di lini tengah.

Kedua tim gagal mencetak gol hingga babak kedua berakhir. pertandingan dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak pertama extra time, kedua tim kembali kesulitan menciptakan peluang.

Kroasia akhirnya bisa mengancam, Kovacic mengirimkan umpan terobosan ke Majer yang berhasil masuk ke kotak penalti. Namun, saat dia akan menendang bola, Nacho melakukan tekel krusial untuk menggagalkan serangan Kroasia.

Spanyol mengancam pada menit ke-104 melalui tembakan Asensio, yang bisa diblok oleh Livakovic. Bola rebound disambar oleh Dani Olmo, tetapi tendangannya masih melambung tinggi dari gawang.

Baca Juga :  Napoli Pecat Walter Mazzari Meski Baru Melatih Tiga Bulan

Tidak ada gol di babak pertama extra time, laga harus dilanjutkan ke babak kedua.

Spanyol terus menyerang Kroasia, tetapi tetap tidak ada gol tercipta sampai akhir. Pemenang laga ini harus ditetapkan lewat adu penalti.

Tiga eksekutor awal Spanyol dan Kroasia berhasil mencetak gol. Namun, penendang keempat Kroasia, Lovro Majer gagal mencetak gol setelah tendangannya bisa diblok oleh Unai Simon.

Eksekutor kelima Spanyol, Aymeric Laporte juga mengalami kegagalan karena tendangannya membentur mistar gawang.

Ekstekutor Kroasia berikutnya, Bruno Petkovic gagal mencetak gol karena ditepis Simon.

Dani Carvajal menjadi penentu kemenangan Spanyol setelah tendangan “panenkanya” sukses mengelabui Livakovic. Spanyol menang 5-4 atas Kroasia dan menjadi juara UEFA Nations League 2022/2023.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *