Kroasia Melaju ke Final UEFA Nations League Seusai Bungkam Belanda 4-2

Jakarta – Kroasia melaju ke final UEFA Nations Leaguese usai membungkam Belanda dengan skor 4-2 pada partai semifinal di Stadion De Kuip, Rotterdam, Kamis dini hari WIB.

Kemenangan Kroasia hadir berkat gol Andrej Kramaric, Mario Pasalic, Bruno Petkovic dan Luka Modric, sedangkan Belanda mencetak gol melalui Donyell Malen serta Noah Lang, demikian catatan UEFA.

Selanjutnya Kroasia akan tampil pada partai final UEFA Nations League, Minggu (18/6) menghadapi pemenang laga semifinal lainnya yang mempertemukan Spanyol dan Italia.

Sedangkan Belanda akan berlaga pada partai perebutan tempat ketiga yang akan digelar, Sabtu (17/6) di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda.

Belanda sebenarnya mampu menciptakan banyak peluang pada pertandingan dengan mencatatkan 11 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran, namun Kroasia lebih efektif memaksimalkan peluang yang mereka dapatkan.

Baca Juga :  Tim SAM Juara Piala Open YAV Championship

Pada babak pertama Belanda mengambil inisiatif menyerang dan mampu mencuri keunggulan pada menit ke-35 melalui gol yang dicetak oleh Donyell Malen yang memanfaatkan umpan dari Mats Wieffer.

Selanjutnya Belanda berusaha mencari gol tambahan pada sisa waktu babak pertama, namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan.

Pada babak kedua Kroasia memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika gelandang Belanda Cody Gakpo melakukan pelanggaran di kotak terlarang dengan menarik baju Luka Modric.

Andrej Kramaric yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya usai sepakan penaltinya tidak dapat dibaca oleh kiper Belanda Justin Bijlow sehingga skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-55.

Baca Juga :  KONI Kaltara Pastikan 6 Medali Emas di PON 2024

Berhasil menyamakan kedudukan, skuad asuhan Zlatko Dalic mampu berbalik unggul pada menit ke-73 seusai Mario Pasalic membobol gawang Belanda dengan memanfaatkan umpan dari Luka Ivanusec.

Berbalik tertinggal, Belanda terus menekan lini pertahanan Kroasia dan baru membuahkan hasil pada waktu tambahan babak kedua melalui gol yang dicetak oleh Noah Lang sehingga skor berubah menjadi 2-2 pada menit 90+6.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga babak kedua usai dan membuat pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Baca Juga :  Laga Final Dihadiri Gubernur Zainal, Bone FC Keluar sebagai Juara

Selanjutnya Kroasia berhasil kembali unggul pada menit ke-98 ketika tendangan jarak jauh Bruno Petkovic tak dapat dibendung oleh Bijlow.

Kroasia memiliki peluang emas untuk menambah keunggulan setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti selepas Petkovic dijegal Tyrell Malacia di kotak terlarang.

Modric sukses melaksanakan tugasnya setelah tendangan dari gelandang Real Madrid tersebut mampu membobol gawang dari Belanda dan memantapkan langkah Kroasia ke final.

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *