3 Parpol Ini Siap Mendaftarkan Calegnya ke KPU Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR, DPD, DPRD provinsi, kabupaten dan kota dibuka 1 Mei 2023. Di Tarakan 3 parpol sudah siap mendaftarkan bacalegnya.

Ketiga parpol ini PSI, PKS dan Demokrat. Hal itu dibenarkan Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, M. Taufik Akbar.

 

Menurutnya, sejauh ini sudah ada tiga partai politik (Parpol) yang menyampaikan jadwal untuk penyerahan pendaftaran bakal calon.

“Sampai hari ini baru ada beberapa Parpol yang menyampaikan jadwal ke kami. Baru ada tiga kalau tidak salah yang lainnya belum ada info, tiga Parpol itu ada PSI, Demokrat, dan PKS,” kata Taufik, Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga :  DPW PKS Kaltara Beri Dukungan ke Zainal-Ingkong untuk Menangkan Pilgub

Mengenai teknisnya sendiri Taufik menjelaskan bahwa para parpol menyampaikan beberapa dokumen fisik setelah itu pihaknya akan melakukan pengecekkan data melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Pada tanggal 19 April 2023 pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dan Bimtek mengenai Silon kepada seluruh Parpol.

Tahapan pendaftaran untuk para bacaleg yaitu dengan mengupload data-data dan identitas melalui aplikasi Silon kemudian untuk dokumen pengajuan dan dokumen daftar akan diserahkan secara fisik dan akan di verifikasi oleh pihak KPU.

Baca Juga :  Presiden Jokowi berikan fasilitas Golden Visa untuk Shin Tae-yong

“Data-data, identitas, syarat-syarat bakal calon di upload di Silon, kemudian B pengajuan dan B daftar itu diserahkan ke kita jadi ada 2 dokumen. Setelah 2 dokumen itu di sampaikan ke kita langsung di verifikasi,” ungkapnya.

Pembukaan pengajuan Bacaleg akan berlangsung mulai 1 Mei 2023 hingga 14 Mei 2024, pukul 23.59 WITA. “Kalau sesuai dengan tahapan itu mulai 1 Mei sampai 14 Mei 2023 jam 12 malam,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  Bawaslu Kaltara Mulai Serahkan Atribut ke Pengawas Pemilu

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *